Daftar Universitas Swasta di Bandung Terbaru

Universitas Swasta di Bandung

Universitas swasta di bandung – Universitas swasta sendiri singkatnya merupakan kampus yang dikelola / dimiliki oleh perorangan maupun sebuah organisasi yang sebagian besarnya dikelola oleh yayasan.

Hari ini mimin akan jelaskan universitas swasta di bandung akreditasi A dan universitas swasta di bandung yang murah, berikut penjelasannya:

Universitas swasta di bandung akreditasi A

Bagus atau tidaknya kualitas suatu universitas ditentukan dari akreditasi. Jika kamu mencari universitas swasta akreditasi A di Bandung, berikut beberapa rekomendasinya. Apa ada incaran mu di bawah ini?

1. Universitas Katolik Parahyangan

Salah satu universitas terbaik yang ada di wilayah Bandung adalah Universitas Katolik Parahyangan. Bisa dibilang, kampus ini termasuk kampus tertua dan bergengsi di Indonesia. Tidak heran jika banyak mahasiswa dari luar Bandung yang mengincar untuk kuliah di UNPAR.

Di UNPAR, kamu bisa menemukan banyak sekali fakultas dan juga program studi. Bahkan, hampir secara keseluruhan mempunyai akreditasi A. Contohnya Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Arsitektur, dan masih banyak lagi.

2. Universitas Komputer Indonesia

Daftar universitas swasta di Bandung akreditasi A bisa kamu temukan di Universitas Komputer Indonesia.

Kampus ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai dunia teknologi dan informasi. Mempunyai moto Quality is Our Tradition, banyak mahasiswa berprestasi yang berhasil mendapat kejuaraan tingkat nasional dan internasional.

Universitas yang juga disingkat sebagai UNIKOM, mempunyai beberapa fakultas dan jurusannya, antara lain:

  • Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer: jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Teknik Sipil, Akuntansi, Teknik Industri, Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota, Sistem Informasi.
  • Fakultas Desain: jurusan Desain dan Seni Rupa.
  • Fakultas Sastra: jurusan Sastra Inggris, Sastra Bahasa Asing.
  • Fakultas Hukum: jurusan Ilmu Hukum.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: jurusan Ilmu Pemerintahan, Hubungan Internasional, dan Ilmu Komunikasi.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis: jurusan Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan.
  • Pascasarjana: jurusan Desain, Sistem Informasi, dan Manajemen.

3. Universitas Telkom

Universitas Telkom termasuk ke dalam salah satu universitas swasta terbaik dan modern yang ada di Indonesia. Di sini, kamu bisa mendapatkan pendidikan yang berfokus pada penelitian berbasis ICT dalam bidang teknis, bisnis, dan industri.

Cukup banyak fasilitas yang disediakan di Universitas Telkom. Mulai dari asrama mahasiswa, perpustakaan, laboratorium, ruang kuliah, sarana olahraga, ruang film, dan masih banyak lagi. Sementara fakultas yang tersedia di UNIKOM yaitu:

  • Fakultas Industri Kreatif
  • Fakultas Ilmu Terapan
  • Fakultas Teknik Industri
  • Fakultas Teknik Elektro
  • Fakultas Ilmu Komputasi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Komunikasi dan Bisnis

4. Universitas Langlangbuana

Pernahkah kamu mendengar nama universitas ini? Universitas tersebut lebih dikenal dengan nama UNLA. Termasuk salah satu universitas swasta di Bandung akreditasi baik sekali, kamu bisa menemukan beberapa fakultas di sini.

Mulai dari fakultas Hukum, Teknik, Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Keguruan & Ilmu Pendidikan, dan Ekonomi. Hampir di setiap jurusan akreditasi yang didapatkan adalah B.

Satu-satunya akreditasi A adalah fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik untuk jurusan Ilmu Pemerintahan. Biaya yang dibutuhkan juga tidak terlalu mahal, lho.

5. Universitas Islam Bandung

Salah satu daftar universitas swasta di Bandung akreditasi A adalah Universitas Islam Bandung atau disingkat menjadi UNISBA. Lokasi kampus ini berada di kawasan Taman sari. Meski termasuk kampus tertua, tapi fasilitas dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Universitas swasta di bandung yang murah

Kamu bisa menemukan berbagai macam fakultas, mulai dari Psikologi, Hukum, Teknik, Ilmu Komunikasi, Kedokteran, sampai Ekonomi dan Bisnis.

Biaya kuliah yang dibutuhkan kisaran Rp5.000.000 untuk setiap semester. Bagi kamu yang ingin mendaftar, maka bisa mencoba jalur pendaftaran gelombang ketiga.

  • Universitas Islam Nusantara

Rekomendasi pertama ini ialah UNINUS yang berada di Jl Soekarno Hatta No 530, Sekejati, Buahbatu, Bandung.

Universitas Islam Nusantara sudah berdiri sejak 1959 dan pada awalnya merupakan gabungan dari beberapa sivitas akademika UNNU serta yang sivitas lain yang berbasis agama islam dengan nama UNNU.

Hingga pada akhirnya tahun 1969 semua menjadi satu dan berubah nama menjadi UNINUS. Universitas swasta murah di Bandung satu ini menyediakan 7 fakultas untuk pendidikan Sarjana dan satu fakultas untuk jenjang pascasarjana.

Di dalam ketujuh fakultas tersebut tersedia berbagai program studi yang mahasiswa butuhkan. Beberapa diantaranya ialah elektronika, industri, informatika, ilmu hukum, agroteknologi, perbankan syariah, pendidikan agama islam, komunikasi dan penyiaran islam, serta yang lainnya.

Universitas Islam Nusantara memiliki beban biaya kuliah yang sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp 4.300.000 hingga Rp 4.800.000 per semesternya. Biaya tersebut diluar dana UTS atau UAS sebesar Rp 30.000 per mata kuliah.

Dengan biaya yang minim tersebut, UNINUS tetap memberikan program beasiswa untuk mahasiswanya, diantaranya seperti beasiswa PPA, Bidikmisi, dan beasiswa Bank Indonesia.

  • Universitas Advent Indonesia

Universitas swasta murah di Bandung satu ini merupakan sebuah tempat dimana anda bisa menimba ilmu dan pelajaran hidup yang seimbang dengan perjalanan rohani dan jasmani.

Universitas ini pun bisa menjadi pilihan solusi anda bila ingin berkuliah dengan suasana yang sejuk dan asri. Sebagai tambahan informasi, UNAI berdiri dengan dasar dari pokok-pokok kepercayaan pada Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.

Universitas ini menyediakan 8 fakultas dengan 2 jenjang pendidikan yang berbeda yaitu sarjana dan pascasarjana.

Untuk program sarjana terdapat 6 fakultas yaitu fakultas filsafat, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas ekonomi, fakultas ilmu keperawatan, fakultas matematika, dan fakultas teknologi informasi.

Sebelum membahas biaya di salah satu universitas swasta murah di Bandung ini, anda perlu mengetahui bahwa sistem perkuliahan di universitas ini ialah Boarding School.

Mahasiswa diwajibkan menginap di asrama selama masa perkuliahan berlangsung sehingga biaya kuliah pun turut menyertakan biaya asrama yang terbagi menjadi 5 kelas dengan kelebihannya masing-masing.

Total biaya perkuliahan di Universitas Advent Indonesia mulai dari Rp 11.000.000 hingga Rp 21.000.000. Rincian biaya tersebut sudah termasuk dana makan, asrama, dan juga keperluan kuliah lainnya. Namun sayangnya belum termasuk dana formulir pendaftaran dan juga dana ospek.

  • Universitas Pasundan

Universitas swasta murah di Bandung lainnya yang sudah cukup terkenal ialah Universitas Pasundan. Terletak di Lengkong, Bandung, universitas ini berdiri di bawah naungan yayasan Pasundan sejak 1960.

Selama 61 tahun masa berdirinya, UNPAS telah berhasil menyandang akreditas A di tahun 2021 ini. Dengan nama universitas yang sudah terkenal, mahasiswa di dalamnya pun tidak hanya lokal melainkan internasional.

Banyak mahasiswa dari negara tetangga yang menempuh pendidikan di tanah Pasundan ini, khususnya Universitas Pasundan. Melalui fakta tersebut tentu anda tidak perlu meremehkan lagi kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswanya, sudah pasti yang terbaik.

Universitas swasta murah di Bandung ini memiliki 7 fakultas yang membawahi 21 program studi untuk jenjang sarjana. UNPAS juga memiliki 2 jenjang pendidikan lainnya yaitu pascasarjana dan doktor dengan masing-masing jumlah program studinya 7 dan 3.

Banyaknya jurusan di Universitas Pasundan ini membuat banyak calon mahasiswa tertarik dan tidak perlu meragukan pilihannya walau di kampus swasta.

Perihal biaya studi, Universitas Pasundan tidak terlalu memberatkan mahasiswanya, apalagi di masa pandemi ini. Biaya kuliah di UNPAS terbagi menjadi 2 jenis yaitu DPP per semester dan Dana Pembangunan.

Rata-rata nominal biaya pendidikan untuk jenjang sarjana mulai dari Rp 4.375.000 hingga Rp 8.000.000 yang merupakan biaya DPP per semester. Sedangkan dana pembangunannya mulai dari Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000.

  • Universitas Sangga Buana Bandung

Universitas swasta murah di Bandung yang akan bisa menjadi pilihan anda selanjutnya adalah Universitas Sangga Buana Bandung, terletak di Jl PHH Mustofa (suci) no 68, Bandung. Tidak hanya dengan biaya studinya yang murah,

USB Bandung juga memberikan sistem pembayaran cicil untuk mahasiswanya. Sehingga mereka pun jadi bisa membayarkan uang kuliah setiap bulannya dengan nominal yang lebih kecil.

Masa studi di Universitas Sangga Buana Bandung juga terhitung lebih cepat daripada universitas lainnya. Salah satu universitas swasta ini juga sudah terakreditasi BAN-PT dan memiliki pelatihan brevet pajak serta bursa efek.

Para mahasiswanya tidak hanya belajar akademik dengan kurikulum yang ada namun juga diberikan pelatihan bahasa inggris dan bahasa mandarin agar kelak bisa bersaing di dunia internasional.

Program studi yang ditawarkan pun cukup banyak dan terdapat berbagai jenjang pendidikan. Untuk jenjang S1 Sarjana ada program studi manajemen, akuntansi, ilmu komunikasi, administrasi bisnis, sistem informasi, teknik informatika, teknik mesin, teknik elektro, dan teknik industri.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang universitas swasta di bandung, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *