Biaya Hidup Mahasiswa di Kota Medan, Berikut Rinciannya!

Biaya Hidup Mahasiswa di Kota Medan

Biaya hidup Mahasiswa di Kota Medan – Ibukota Sumatera Utara ( Medan )  masih menjadi salah satu kota tujuan banyak orang untuk melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi.

Salah satu alasan kenapa banyak yang ingin melanjutkan pendidikan ke kota Medan adalah  biaya hidup Mahasiswa di Kota Medan masih pas di kantong masyarakat banyak.

Berikut Biaya Hidup Mahasiswa di Kota Medan

Mari kita hitung biaya hidup mahasiswa di Kota Medan, mulai dari biaya tempat tinggal, biaya makan dan biaya perjalanan (Transportasi).

  • Biaya tempat tinggal

Jika Kalian  memilih tinggal di sebuah kamar kos, maka Kalian  harus menyiapkan uang sekitar Rp. 2 juta – Rp. 5 juta untuk satu kamar per tahunnya.

Biasanya di dalam satu kamar terdiri dari dua atau tiga orang bergantung daya tampungnya, sehingga biaya di atas bisa dibagi berdasarkan jumlah penghuni. Untuk tempat tinggal yang per bulan, biasanya harga sewanya berkisar antara Rp. 300.000  sampai Rp. 600.000  perbulan.

Kamar kos bulanan sudah berisi fasilitas lengkap seperti tempat tidur, lemari pakaian, dan meja belajar. Selain kamar kos, Kalian  juga bisa mencari rumah kontrakan.

Sejauh ini harga sewa rumah kontrakan berkisar antara Rp. 5 juta – Rp. 10 juta per tahun tergantung pada jumlah ruangan dan fasilitasnya. Harga tersebut akan terasa lebih ringan jika Kalian  punya teman yang bisa di ajak menyewa bersama.

  • Biaya pangan 

Biaya hidup Mahasiswa di Kota Medan untuk makan cukup unik, Kalian  bisa menggunakan jasa catering dengan harga yang harus dibayar berkisar antara Rp. 350.000  – Rp. 500.000  perbulan.

Dengan uang tersebut Kalian  mendapat paket lengkap seperti nasi, sayur, lauk dan itu biasanya untuk 2 kali makan, yaitu makan siang dan makan malam.

Namun, jika Kalian memutuskan untuk makan lepas alias makan di warung, maka biaya yang Kalian  keluarkan berkisar antara Rp. 8.000 – Rp. 15 .000  untuk satu porsi.

Di lingkungan sekitar kampus biasanya harga nasi dengan lauk ikan atau ayam lengkap dengan sayurnya adalah Rp. 8.000 atau Rp. 10 .000  untuk satu porsi. Sedangkan jika Kalian  hanya membeli sayur dan lauk maka harganya hanya Rp. 5 .000  atau Rp. 6 .000  per porsinya.

  • Biaya perjalanan (Transportasi )

Untuk transportasi Kalian  bisa menggunakan jasa angkutan umum, sudako, becak duyung, dan betor. Ongkos angkot Kalian  harus siapkan uang Rp. 4.600 per estafet (per estafet = 10 km).

Jika jarak yang ditempuh kurang dari 10 km, maka biasanya Kalian  hanya membayar Rp. 4.000  saja. Sedangkan jika jarak tujuan Kalian  dekat, maka berilah Rp. 2.000  – Rp.3.000  sesuai dengan kewajaran.

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai biaya hidup Mahasiswa di Kota Medan, semoga informasi yang kami ini bermanfaat dan kami ucapkan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *