Mata Kuliah Kalkulus dan Materinya

Mata Kuliah Kalkulus

Mata Kuliah Kalkulus – Jika Anda mengambil jurusan Fakultas Sains atau FMIPA, Anda pasti akan menjumpai mata kuliah kalkulus. Ketika saya masih sekolah, menghitung adalah bagian dari kelas matematika. Hanya saja selama kuliah S1 akan mendalami materi berhitung dari nol.

Materi Mata Kuliah Kalkulus

Di beberapa kampus, pembelajaran ilmu komputer dibagi menjadi beberapa semester. Selama satu semester, universitas dapat menentukan bobot mata kuliah dengan 2 sks atau 4 sks. Jika perlu mengelompokkannya, maka materi kalkulus yang dipelajari di universitas dibagi menjadi 4 kelompok.

  1. Batasan Kegiatan

Dari berbagai mata pelajaran yang berkaitan dengan kalkulus, limit fungsi adalah mata pelajaran yang biasanya diajarkan terlebih dahulu. Dengan mempelajari mata kuliah ini, Anda akan menyelesaikan limit faktorisasi, limit perkalian bersahabat, limit dasar trigonometri, dan juga limit lanjutan trigonometri. Jika Anda berbicara tentang batas fungsi, Anda pasti akan menemukan nilai x dalam rumus f(x), yaitu fungsi yang mendekati nilai tertentu. Kalau sudah belajar limit function, jangan bingung membedakan rumus limit aljabar dan trigonometri ya.

  1. Turunan atau diferensial

Tentu saja bagi Anda yang belajar sains di sekolah menengah sangat akrab dengan turunan, atau diferensial. Nah, materi ini masih akan kamu temui, hanya saja dibahas lebih detail mulai dari konsep turunan, persamaan garis singgung dan normal hingga kurva, fungsi naik dan turun, serta aplikasi turunan.

Turunan lebih mudah dipelajari jika Anda sudah mengetahui fungsi limit, karena turunan mengajarkan Anda tentang perubahan nilai fungsi. Tidak mengherankan jika materi turunan atau diferensial ini diajarkan pada mata kuliah kalkulus setelah materi fungsi batas dipelajari.

  1. Integral

Selesai dengan diferensial, materi selanjutnya yang akan Anda temukan adalah tentang integral. Materi integral sendiri dibagi menjadi lima bagian, yaitu integral aljabar, integral trigonometri, integral parsial, integral pengganti trigonometri, dan integral pecahan.

Integral ini terbukti sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia, apalagi di saat perkembangan teknologi terus maju. Seiring dengan teori diferensial, informasi yang diperoleh dari mempelajari materi ini dapat digunakan untuk menentukan luas permukaan pesawat terbang dan volume benda yang berputar.

  1. Luas permukaan dan volume benda yang berputar

Sehubungan dengan luas dan volume objek yang berputar, integral adalah materi yang terpisah dan berbeda. Dalam Materi Kursus Kalkulus ini, Anda akan mempelajari tentang luas, volume benda yang berputar mengelilingi sumbu X, dan volume benda yang berputar mengelilingi sumbu Y.

Analisis tidak hanya di fakultas sains

Berhitung merupakan mata pelajaran penting bagi mahasiswa yang belajar di berbagai mata pelajaran di bawah FMIPA. Akuntansi juga dipelajari di fakultas lain. Namun, materi yang disajikan biasanya lebih terfokus dan disesuaikan dengan bidang studi masing-masing.

Anda akan menemukan ilmu komputer di fakultas teknik, khususnya di departemen teknologi informasi dan di departemen teknologi komputer. Kalkulus yang digunakan pada jurusan ini adalah vektor, integral dan digunakan untuk mencari turunan, linier dan diferensial.

Jurusan teknik lainnya melanjutkan studi mata kuliah kalkulus. Jadi jika Anda tertarik untuk kuliah di Fakultas Teknik, Anda harus berurusan dengan berbagai rumus perhitungan.

Karir yang bisa diraih dengan mempelajari mata kuliah Kalkulus

Dunia kerja tentu saja milik Anda yang telah menyelesaikan studi Anda. Apakah keterampilan aritmatika yang dipelajari di universitas berguna dalam profesi yang dipilih atau di masa depan? Semua ini masuk akal, tentunya selama Anda memilih profesi yang tepat dan membutuhkan keterampilan matematika.

Padahal, lowongan yang tersedia menawarkan kisaran gaji yang cukup luas. Jika Anda benar-benar pintar dan menguasai salah satu dari perhitungan ini, Anda dapat menghasilkan miliaran secara total selama setahun. Siapa yang tidak tergiur dengan tawaran gaji sebesar itu?

Jenis karir yang bisa Anda pilih dengan menguasai mata kuliah kalkulus antara lain matematikawan. Hasil penelitian tersebut kemudian diterapkan di bidang lain seperti sains, manajemen, teknologi dan banyak bidang lainnya. Atau bisa jadi ahli statistik yang bisa masuk ke banyak perusahaan.

Saat mempelajari kalkulus, Anda bahkan berkesempatan untuk bekerja sebagai astronom, yang tugasnya mengamati, mempelajari, dan menafsirkan fenomena astronomi. Atau jika Anda lebih tertarik dengan urusan antariksa, Anda bisa bergabung dengan tim space engineering.

Unduh Silabus Mata kuliah kalkulus 1 

Unduh Silabus Mata kuliah kalkulus 2 

Kesimpulan

Mempelajari mata kuliah kalkulus bisa jadi sedikit sulit, terutama bagi mereka yang tidak menyukai matematika. Namun jika kamu memiliki gambaran atau keinginan yang ingin kamu capai, sesulit apapun kesulitan itu pasti bisa kamu atasi, termasuk kesulitan membayar biaya kuliahmu. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *