Video Pembelajaran yang Kreatif

Video Pembelajaran

video pembelajaran – Proses pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan dapat dibangun dengan cara menghadirkan media pembelajaran di dalam bentuk video berupa audio visual. Belajar melalui video bisa memudahkan guru di dalam menyampaikan materi untuk pembelajaran, juga dapat memudahkan peserta didik untuk memahami konteks pada mata pelajaran.

Ada beberapa aspek yang mesti dipahami oleh guru untuk menyajikan video sebagai media pembelajaran. Yaitu dengan adanya penyajian materi yang benar, teknik penyampaian yang tepat, serta produksi video dengan kualitas yang optimal, dan juga keterampilan pembuatan video sesuai dengan perkembangan terkini.

Untuk itulah Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kemendikbud Ristek menyelenggarakan yang namanya Kelas Mengajar Online Sesi 3 dengan tema “Membuat Video Belajar yang Menarik dan Menyenangkan Sebagai Media Pembelajaran” dimana sesi online ini ditayangkan di channel Youtube Siberkreasi, pada hari Kamis, 14 Oktober 2021.

Webinar ini dapat kamu tonton ulang melalui link berikut ini: https://youtu.be/OtALFunZf-M

Agar bisa mewujudkan proses pembelajaran yang interaktif dan juga menyenangkan dibutuhkan yang namanya media pembelajaran yang menarik dan juga tidak monoton. Video merupakan contoh dari media pembelajaran yang berbasis multimedia yang bisa dimanfaatkan agar bisa mencapai pencapaian materi pelajaran, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini,” 

Di dalam membuat video pembelajaran terdapat hal-hal yang yang mesti diperhatikan. Salah satunya adalah berupa aspek-aspek pengajaran. Yaitu agar bisa menarik perhatian, menyebutkan untuk tujuan pembelajaran, menstimulasi, menyajikan materi, menyediakan bimbingan pembelajaran, hingga memberikan umpan balik.

Tentunya masih banyak lagi yang bisa di-eksplor dari kegiatan webinar Mengajar Online. Dalam kegiatan ini para peserta webinar bisa menggali apa saja yang mesti dilakukan dalam membuat video belajar yang juga menarik dan menyenangkan.

Dalam kesempatan yang sama, Content Creator yang menjadi narasumber webinar juga  menyampaikan bahwa untuk membuat video itu mudah. Tidak mesti menggunakan alat yang canggih. Cukup saja dengan menggunakan handphone sudah  bisa menjadi senjata untuk membuat video.

Dengan kamu memaksimalkan handphone yang kamu punya, kita dapat membuat video-video yang menarik. Kita juga dapat memaksimalkan konten atau juga aplikasi yang ada pada HP sehingga video kita dapat lebih menarik dengan model yang kreatif.

Di masa pandemi belakangan hingga sekarang hampir semua aspek sudah bertransformasi menjadi dunia virtual. Sebagai seorang guru yang tidak dapat bertatap muka dengan peserta didik, dipaksa agar situasi dapat beralih membawakan media pembelajaran secara virtual. Nah, dengan adanya virtual sendiri tenaga pendidik tidak hanya akan sebatas streaming langsung di depan peserta didik saja, namun bisa menggunakan video sebagai bahan pembelajaran.

Terdapat tiga hal yang mesti dilakukan agar bisa membuat video yang menarik sebagai media pembelajaran. Pertama, konsep untuk pembuatan konten video. Kedua, alat untuk produksinya seperti apa. Dan yang ketiga terdapat software atau aplikasi editor-nya.

Konsep agar bisa membuat konten video itu yaitu terdapat beberapa proses yang lumayan repot dan juga rumit guys, membutuhkan persiapan yang sangat banyak lho. Mulai dari penggunaan ide dan konsepnya, gimana cara storyboard-nya, gimana menulis skrip, lalu gimana cara menentukan lokasi yang tepat, setup lighting juga

Kita menyiapkan kamera, lalu menyiapkan tim hingga menyiapkan proses editing. Tapi jangan khawatir ya guys, kita dapat membuat video yang mudah dan simple.

Video pembelajaran juga memberikan banyak manfaat, apalagi  yang kamu temukan di channel YouTube sekarang sudah terdapat banyak konten-konten media pembelajaran. Entah itu berupa tutorial, live streaming, hingga podcast ataupun berupa video-video lainnya yang dapat disisipkan sebagai media pembelajaran.

Manfaat dari adanya media video bagi pendidik itu yang pertama yaitu, sebagai arsip dokumentasi hingga materi yang diajarkan. Jadi ketika kamu membuat konten, warga sekolah juga bisa menyimpan video ini sebagai arsip. Jadi suatu saat jika misal konten ini dibutuhkan di waktu tertentu atau tempat tertentu, kamu tinggal diputar asja.

Kemudian yang kedua berupa video pembelajaran sangat mudah untuk dibuat, bahkan hanya dengan menggunakan handphone. Tenaga pendidik atau peserta didik dapat dengan mudah membuat  yang namanya video media pembelajaran. Manfaat yang ketiga adalah bisa membuat pelajaran jarak jauh menjadi efektif.

Dan manfaat yang keempat yaitu, materi yang dibuat dalam bentuk video akan sangat mudah untuk dibagikan ke peserta didik dengan berbagai jenis aplikasi, seperti WA, Line dan lainnya.

Video pembelajaran kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran 1

Untuk video pembelajaran kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran bisa kamu akses melalui link dibawah yaaa. Semoga dengan video ini bisa menjadi referensi bagi kamu agar bisa membuat video pembelajaran versi kamu sendiri.

 

Demikianlah ulasan mengenai video pembelajaran. Yuk pahami lagi mengenai video pembelajaran agar membuat suasana kelasmu tetap kondusif meskipun terhalang waktu, tempat, hingga situasi untuk bertemu. Terimakasih telah berkunjung dan SEE YAA!!!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *