Jurusan Desain Grafis SMK, Cek Disini!!!

Jurusan Desain Grafis SMK

Jurusan Desain Grafis SMK – Desain Grafika merupakan kompetensi keahlian dengan menyiapkan peserta didik agar menjadi Graphic Designer/ Desain Grafis yang handal dan supaya mampu bekerja di percetakan, digital printing, Studio foto, Penerbit buku, hingga untuk wirausahawan dalam bidang grafika.

Jurusan Desain Grafika di SMK adalah jurusan yang mempelajari penerapan keterampilan seni dan juga komunikasi agar kebutuhan industri bisa menjadi karya seni. Jurusan ini juga memberikan teori hingga praktik yang terdapat unsur-unsur tata letak, lalu menggabungkan fungsi dan model warna, menata prinsip tata letak, melakukan proses scan gambar/ilustrasi/teks, serta juga untuk mengunduh data digital.

Kompetensi yang dipelajari pada jurusan ini yaitu berupa praktik desain supaya bisa menerapkan teori tata letak , fungsi, dan model warna agar bisa melatih kreativitas dan imajinasi siswa agar membuat desain yang kompleks.

Kompetensi Dasar Jurusan Desain Grafis SMK :

  • Dasar-dasar Kegrafikaan
  • Limbah Industri Percetakan
  • Perwajahan
  • Kalkulasi Grafika
  • Pengolahan
  • Susun Huruf komputer
  • Desain Grafis
  • Pembuatan Acuan Cetak dan Montase
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Kunjungan Dunia Usaha dan Industri:

Program ini merupakan salah satu kegiatan pembelajaran pada luar lingkungan sekolah agar menambah wawasan siswa dan untuk dapat melihat secara langsung  bagi suasana/kondisi industri yang sesuai pada program keahlian.

Tujuan dari dilaksanakannya Kunjungan Dunia Industri  untuk  memberikan nilai tambah untuk peserta diklat di SMK Negeri 1 Subang supaya memiliki kemampuan kompetensi profesi yang  sudah memadai.

Unit produksi merupakan aktivitas usaha sekolah  yang terkait langsung atau tidak pada program pendidikan dan latihan (Diklat), untuk upaya mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki dan memberikan nilai tambah yang lebih besar, tentunya mendukung pelaksanaan program sekolah.

Unit Produksi Sekolah Menengah Kejuruan (UP-SMK) adalah suatu proses kegiatan usaha yang dilakukan sekolah/madrasah dan lingkungan dalam bentuk unit usaha secara berkesinambungan, bersifat akademis dan bisnis dengan memberdayakan warga sekolah/madrasah dan lingkungan dalam bentuk unit usaha  produk/jasa yang dikelola secara profesional (Bambang Sartono, 2006).

Unit produksi SMK juga merupakan suatu usaha incorporated-enterpreneur atau suatu wadah kewirausahaan dalam suatu organisasi yang memerlukan kewenangan khusus dari pimpinan sekolah kepada pengelola untuk melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan cara demokratis.

Unit produksi yang diperlukan agar wahana pelatihan siswa  memberikan pengalaman langsung pada kegiatan usaha supaya siswa bisa menjadi manusia yang mandiri. Kemudian unit produksi juga diperlukan supaya memberi kesempatan untuk masyarakat supaya berpartisipasi pada penyelenggaraan pendidikan.

Secara umum tujuan dari unit produksi adalah dapat meningkatkan mutu pendidikan dan latihan melalui adanya penyediaan kesempatan pelatihan berproduksi secara profesional untuk peserta didik, serta untuk mendukung pembiayaan operasional pendidikan dan juga peningkatan kesejahteraan.

  1. Supaya dapat meningkatkan mutu tamatan pada berbagai segi untuk hal pengetahuan dan juga keterampilan;
  2. Sebagai wahana pelatihan yang berbasis produksi dan menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan bagi para siswa;
  3. Supaya membantu pendanaan pemeliharaan, penambahan fasilitas dan juga biaya-biaya operasional pendidikan lainnya;
  4. Agar mengembangkan sikap mandiri dan percaya diri untuk pelaksanaan kegiatan praktik siswa  dalam mendapatkan kesempatan kerja;
  5. Agar melatih keberanian mengambil resiko untuk perhitungan yang matang;
  6. Supaya mendukung pelaksanaan dan juga pencapaian pendidikan Sistem Ganda (PSG) dan kurikulum;
  7. Agar meningkatkan kreativitas, inovasi dan juga sikap profesional produktif pada siswa, guru serta manajemen sekolah;
  8. Supaya menjalin kerja sama yang lebih baik agar dunia usaha dan industri serta masyarakat lain menjadi terbuka fasilitas untuk umum dan juga hasil-hasil produksinya;
  9. Agar meningkatkan intensitas dan frekuensi kegiatan intra, ko, serta ekstra kurikuler siswa; dan
  10. Agar membangun kemampuan sekolah untuk menjalin kerja sama sinergis dengan pihak luar dan juga lingkungan serta masyarakat luas.

Mata Pelajaran Jurusan Desain Grafis Smk

Berikut adalah daftar lengkap mata pelajaran Jurusan Desain Grafis Smk.

A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
2. Matematika
3. Bahasa Indonesia
4. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
5. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya
6. Sejarah Indonesia

B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital
2. Kimia
3. Fisika

C2. Dasar Program Keahlian
1. Dasar-dasar Kegrafikaan
2. Pengolahan Limbah Industri Percetakan
3. Kalkulasi Grafika

C3. Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)
1. Perwajahan
2. Foto Reproduksi dan Acuan Cetak
3. Susun Huruf Komputer
4. Desain Grafis
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Sekian ulasan mengenai jurusan desain grafis smk. Semoga jurusan diatas sesuai dengan minat dan bakatmu yaaa. Terimakasih telah berkunjung dan SEE YAA!!!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *