S2 Teknik Geofisika ITB, Berikut Rincian Biayanya

S2 Teknik Geofisika ITB

S2 Teknik Geofisika ITB – Teknik Geofisika adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek fisik dan dinamik bumi, lalu bagaimana melakukan pengukuran dan melakukan pemrosesan data mengenai gejala-gejala alam tersebut.

Pada Teknik Geofisika di kembangkan teknologi untuk pemanfaatan sumberdaya bumi dan lingkungan alam, selain itu teman-teman akan belajar pula tentang mitigasi bencana kebumian.

Pada program studi Teknik Geofisika terdapat empat kelompok besar studi yaitu eksplorasi sumberdaya bumi; reservoarimaging dan pengolahan data; dan teknik dan lingkungan.

Selain belajar teoritis di dalam ruangan, kalian juga akan menghabiskan waktu di laboratorium. Ilmu-ilmu yang dipelajari pada prinsipnya adalah segala sesuatu yang menyangkut bumi dan bagian-bagian padatnya.

Pada proses perkuliahannya kalian juga akan akrab dengan beberapa perangkat lunak yang akan membantu kalian dalam memodelkan gejala-gejala yang terjadi di bumi.

Saat terjadi bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor, patahnya lempengan kerak bumi seorang sarjana Teknik Geofisika adalah orang yang paling dicari, karena dengan keilmuannya seorang sarjana Teknik Geofisika akan mampu menentukan bagaimana mitigasi dari bencana alam tersebut.

Yang dimaksud dengan mitigasi adalah pencegahan dan usaha meminimalisir dampak-dampak negatif bencana alam tersebut.

Karena sebagai manusia kita tidak mampu menolak terjadinya, namun kita mampu mengusahakan sarana-sarana pendukung untuk meminimalisir dampaknya saja.

Jika dibandingkan dengan jurusan-jurusan populer yang lain, seperti Teknik Sipil atau Manajemen, Jurusan Geofisika tak dijumpai di hampir setiap universitas.

Dengan kata lain, tak banyak universitas yang ada Jurusan Geofisika di Indonesia. Padahal kita membutuhkan ahli-ahli Geofisika agar tahu lebih banyak lagi tentang bumi yang kita diami selama ini.

Target utama program studi ini adalah mencetak seorang Geophysicist yang kompeten dalam memprediksi sifat fisis dibawah permukaan bumi yang berhubungan dengan hazard, sumber daya, monitoring; merekonstruksi /imaging struktur bumi, dan memprediksi proses yang terjadi.

Prospek kerja Geofisika utamanya berkaitan dengan penyelidikan kebumian seperti mitigasi bencana gempa bumi, mitigasi bencana gunung api, eksplorasi minyak bumi, eksplorasi mineral dan logam, maupun pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan dan bangunan.

Mengingat Indonesia merupakan negara berkembang di kawasan ring of fire, boleh dibilang Geofisika merupakan salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja saat ini.

Biaya S2 Teknik Geofisika ITB:

Program Studi S2 Teknik Geofisika ITB bertujuan untuk menyediakan ilmu secara seimbang di bidang spesialisasi berikut:

  1. Teori dan metode geofisika termasuk kuantifikasi error
  2. Definisi masalah, karakteristik solusi ilmiah yang dapat diterima, dan pemahaman tentang upaya yang diperlukan untuk mencapai solusi yang dapat diterima
  3. Keterkaitan geofisika dengan disiplin ilmu dan teknik lainnya
  4. Teknik komunikasi secara lisan dan nonlisan
  5. Kerja sama dan manajemen proyek

Untuk mencapai tujuan pendidikan di atas, mahasiswa dihadapkan pada metode belajar di kelas dan instruksi kerja laboratorium, penelitian tesis, seminar, kunjungan lapangan, persiapan proposal dan makalah, serta presentasi pada pertemuan profesional.

Tak hanya itu mahasiswa S2 Teknik Geofisika ITB juga akan diberi tugas kerja jangka pendek pada proyek yang disponsori.

Kemampuan komunikasi mahasiswa dapat diperoleh dengan cara menciptakan interaksi dengan beragam fakultas, staf peneliti, mahasiswa lain, serta ilmuwan serta insinyur di luar kampus.

Bagi kalian yang mau mengambil S2 Teknik Geofisika ITB, kalian harus tahu dulu biaya yang harus kalian keluarkan jika mau mengambil Program S2 Teknik Geofisika ITB.

Berikut rincian biaya S2 Teknik Geofisika ITB, biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB adalah Rp 600 ribu.

Perlu di garis bawahi khusus bagi pelamar program Magister di Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, biaya pelaksanaan seleksi dikenakan Rp 750.000 ini sudah termasuk biaya pelaksanaan Tes Psikologi (Psikotes). Biaya S2 Teknik Geofisika ITB Rp 13.500.000.

Jadi untuk  Biaya S2 Teknik Geofisika ITB hanya Rp. 13.500.000 / Semester, adapun biaya lain yang harus kalian persiapkan sebagai mahasiswa S2 Teknik Geofisika ITB mungkin baiya Praktek atau biaya beli alat – alat untuk dilapangan.

Nah segitu dulu informasi yang dapat kami bagikan mengenai S2 Teknik Geofisika ITB, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *