Biaya Kuliah UT 2022

Biaya Kuliah UT 2022

Biaya Kuliah UT 2022-  Peminat Universitas Terbuka (UT) tergolong banyak buktinya pada tahun 2019 BKN menunjukkan data bahwa penyumbang terbanyak yang diterima di CPNS pada instansi pemerintah adalah lulusan ut jauh meninggalkan perguruan tinggi lainnya.

Nah alangkah baiknya kamu untuk mengecek terlebih dahulu biaya kuliah ut dibawah ini.

Banyaknya lulusan yang diterima di CPNS menjadi nilai tersendiri untuk UT karena lulusannya mampu bersaing dengan baik pada proses seleksi CPNS dibanding universitas negeri maupun swasta.

Biaya kuliah UT 2022 ada 2 (dua) jenis:

  • Skema SIPAS atau paket per semester
  • Skema Non (SIPAS) atau per SKS

1. SIPAS

SIPAS merupakan layanan paket matakuliah untuk setiap semester beserta bahan ajarnya. Mahasiswa yang akan mengambil SIPAS akan mendapatkan paket matakuliah dan bahan ajarnya untuk setiap semester.

Kemudian mahasiswa SIPAS tidak perlu lagi melakukan registrasi matakuliah agar registrasi secara otomatis untuk semesternya.

Skema layanan Sistem Paket Semester (SIPAS) terdiri dari SIPAS Non TTM, SIPAS Semi, SIPAS Penuh, SIPAS Plus, dan SIPAS Online.

Berikut ini deskripsi komponen layanan setiap jenis SIPAS adalah sebagai berikut.

  • SIPAS Non TTM, merupakan sistem paket semester untuk paket non tutorial tatap muka. Biaya mulai dari Rp 1.150.000 hingga Rp 2.000.000
  • SIPAS Semi, merupakan sistem paket dengan TTM wajib maksimal 3 matakuliah paket. Biaya dimulai dari Rp 1.600.000 hingga Rp 2.600.000
  • SIPAS Penuh, merupakan sistem paket dengan TTM wajib untuk seluruh matakuliah. Biaya mulai dari Rp 1.900.000 hingga Rp 3.300.000
  • SIPAS Plus, merupakan sistem paket yang meliputi TTM wajib agar matakuliah dan pelatihan mampu mengembangkan diri. SIPAS Plus diperuntukkan untuk mahasiswa program beasiswa atau kerjasama. Biaya mulai dari Rp 2.400.000 sampai Rp 3.400.000
  • SIPAS Online, merupakan sistem paket Full Online yang meliputi praktik/praktikum online dan UAS online. SIPAS Online ditawarkan untuk program studi S1: Manajemen, Matematika, Pendidikan Matematika, dan Sastra Inggris bidang Minat Penerjemahan. Biaya Rp 1.950.000

Rincian biaya  kuliah  UT 2022 dengan adanya skema SIPAS disajikan pada tabel berikut.

Keterangan:
1) Jumlah peserta adalah  SIPAS  Plus, Penuh, dan Semi minimal 25 mahasiswa per kelas.
2) SIPAS Plus hanya ditawarkan bagi mahasiswa bidikmisi dan kerja sama.
3) Sipas Online hanya ditawarkan bagi Program Studi S1: Manajemen, Matematika, Pendidikan Matematika, dan Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan
4) SIPAS mahasiswa layanan luar negeri belum termasuk kedalam biaya kirim BA.

Di samping biaya kuliah UT 2022  juga mengenakan tarif untuk layanan akademik lainnya. Berikut ini rinciannya.

Biaya Layanan Akademik Lainnya Program Diploma dan Sarjana SIPAS:

2. NON SIPAS SETIAP SKS

Skema dari Non SIPAS (Non Sistem Paket Semester) merupakan sistem pengambilan mata kuliah secara satuan dengan adanya jumlah maksimal 24 SKS per semester (Semester 1-2 maksimal 20 SKS, Semester 3 dan seterusnya maksimal 24 SKS), tidak termasuk untuk bahan ajar (dibeli terpisah).

Pada non SIPAS, mahasiswa diminta meregistrasikan sendiri matakuliah yang ingin diikuti. Biaya kuliah UT juga tergantung pada jumlah SKS yang diambil. Biaya per SKS Rp 36.000 sampai dengan Rp 78.000 sesuai program studi.

Rincian biaya kuliah UT 2022 untuk skema Non SIPAS :

Biaya Praktik dan Praktikum:

  • Untuk Program SIPAS dan Non-SIPAS, biaya pelaksanaan dan pengelolaan praktikum sudah termasuk ke dalam uang kuliah.
  • Untuk mahasiswa luar negeri, biaya praktik/praktikum belum termasuk ke dalam uang kuliah.
  • Penjelasan mengenai mata kuliah praktik/praktikum dapat kamu lihat untuk bagian bab kurikulum pada masing-masing program studi.

Demikianlah rincian mengenai biaya kuliah UT 2022. Untuk informasi lebih lanjut silahkan buka website Universitas Terbuka yang ada di kota-kotamu. Terimakasih telah berkunjung dan SEE YAA!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *