Akreditasi Kampus Institut Seni Indonesia Padang Panjang

Akreditasi Kampus Institut Seni Indonesia Padang Panjang

Akreditasi Kampus Institut Seni Indonesia Padang Panjang – Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang adalah salah satu kampus dengan konsentrasi pada bidang seni dan keterampilan.

Kampus ini merupakan tempat lahirnya para seniman di tanah Sumatera sejak tahun 1965. Kampusnya adem dan dikelilingi oleh pemandangan perbukitan yang membuat betah dan pastinya bisa melahirkan ide-ide segar dalam berkreasi.

Berdirinya Institut Seni Indonesia Padang Panjang berdasarkan UUD 1945, khususnya pasal 32 beserta penjelasannya. Berdasarkan hal tersebut dan mengingat potensi yang ada di Sumatera Barat timbul gagasan dari pemuka masyarakat dan para seniman Sumatera Barat untuk menghidupkan serta mengembangkan kebudayaan khususnya masalah kesenian dengan mendirikan KOKAR A dan B.

Kokar A kemudian menjadi Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Padangpanjang Nomor SK Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan Nomor 84 tahun 1965 Tanggal 22 Desember 1965 dan berkembang menjadi Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang.

Akreditasi Kampus Institut Seni Indonesia Padang Panjang

Akreditasi Kampus Institut Seni Indonesia Padang Panjang adalah B. Sesuai dengan SK BAN-PT Nomor 9/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/I/2021. SK ini berlaku semenjak 2021 hingga 2025-12-30.

Dalam rangka menciptakan lulusan yang berkualitas, maka Institut Seni Indonesia Padang Panjang telah berupaya membuka program studi sesuai dengan pembangunan sumber daya manusia.

Dengan harapan para lulusan Institut Seni Indonesia Padang Panjang mampu berkompetisi untuk mendapatkan lapangan kerja.

Tanggal 1 Januari 2010 STSI telah berubah menjadi Institut Seni Indonesia, dan tanggal 17 Juli 2010 diresmikan oleh Wakil Menteri Pendidikan Nasional Bapak Prof. Dr. Fasli Jalal, P.hd.

Pemilihan Rektor dilaksanakan pada bulan Maret 2011 dengan hasil pemilihan Rektor dijabat oleh Prof. Dr. Mahdi Bahar, S.Kar.,M.Hum,. Pemilihan Pembantu Rektor pada tanggal 13 April 2011 sejalan dengan pemilihan Dekan dan pembantu Dekan.

Sejak Pelantikan Rektor dan Pembantu Rektor, Dekan dan Pembantu Dekan Institut Seni Indonesia Padang Panjang resmi secara sah menjadi Institut karena telah mempunyai Fakultas yakni Fakultas Seni Pertunjukan dengan Prodi Seni Karawitan, Seni Tari, Seni Musik, dan Seni Teater. Fakultas Seni Rupa dan Desain dengan Prodi Seni Kriya, Seni Murni, TV dan Film dan Desain Komunikasi Visual.

Tahun 2011, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, memiliki tenaga pendidik sebanyak 218 orang, tenaga Kependidikan sebanyak 113 orang, jumlah mahasiswa yang terdaftar sebanyak 1.060 orang.

Jumlah lulusan S-1 seluruhnya 792 orang dan Program S-2 sebanyak 60 orang. Sarana dan prasarana mulai memadai, kampus mulai semarak, frekuensi keikutsertaan Institut Seni Indonesia Padang Panjang dalam masyarakat mulai meningkat baik dalam maupun luar negeri.

Jurusan Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Institut Seni Indonesia Padang Panjang memiliki 2 fakultas Sebagai berikut.

Fakultas Seni Pertunjukan

  • Prodi Seni Karawitan
  • Prodi Seni Tari
  • Prodi Seni Musik
  • Prodi Seni Teater

Fakultas Seni Rupa dan Desain

  • Prodi Seni Kriya
  • Prodi Televisi dan Film
  • Prodi Seni Murni
  • Prodi Fotografi
  • Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV)

Demikianlah detail informasi terkait akreditasi kampus Institut Seni Indonesia Padang Panjang. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *