Akreditasi Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia

Akreditasi Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia

Akreditasi Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1954.

UPI berawal dari sebuah Perguruan Tinggi Pendidikan Guru yang telah mengalami metamorfosis hingga menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum di Indonesia.

Universitas Pendidikan Indonesia sebagai universitas dengan jati diri Pendidikan (The Education University) menekankan pada karakter edukatif yang dilandasi oleh integritas dan kejujuran.

UPI berpandangan bahwa Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan menjadi penentu untuk masa depan. Makna Pendidikan di UPI yaitu membangun komitmen sinergitas masyarakat kampus dalam pembudayaan karakter positif yang mengedepankan aspek independensi, responsibilitas, dan daya adaptabilitas.

Selain itu, UPI senantiasa berupaya untuk mengedepankan nilai-nilai kehidupan bagi masyarakat kampus yang mengedepankan kesantunan dan saling menguatkan di antara elemen yang ada dalamnya (cross-fertilization).

Akreditasi Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia

Program studi Pendidikan Kewarganegaraan Jenjang Sarjana (S1) didirikan pada tanggal 10 November 1954. Prodi PKn jenjang Sarjana (S1) di UPI merupakan program studi PKn pertama di Indonesia.

Pendirian prodi ini dilandasi oleh pemikiran dan pertimbangan dari Pemerintah Republik Indonesia yang tidak terpisahkan dari pertimbangan pendirian Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG).

Kepakaran keilmuan yang dimiliki oleh prodi PKn meliputi bidang politik, hukum, sosiologi, ekonomi, tata negara, administrasi negara, komunikasi politik, pendidikan kewarganegaraan, pendidikan IPS, pendidikan nilai dan moral, dan pendidikan umum.

Untuk mencapai kemajuan dan arah PKn sebagai bidang keilmuan dan keprofesionalan, program studi PKn telah merintis pendirian asosiasi profesi dalam bidang pendidikan kewarganegaraan tahun 2011 dengan nama Aosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI).

Sejak tahun 1954, Prodi PKn jenjang Sarjana (S1) UPI telah diakreditasi oleh BAN PT sebanyak 5 kali, yang pertama tahun 2000 dengan nilai B. Pada tahun 2006, BAN PT mengakreditasi dan menetapkan  Nilai A (376), sangat baik.

Pada tahun 2011, BAN PT telah mereakreditasi dan menetapkan Nilai A (376), sangat baik untuk Prodi Sarjana PKn dengan (SK No. 016/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011). Akreditasi ketiga (reakreditasi keempat) oleh BAN PT tahun 2016 menetapkan Nilai A (375), sangat baik dengan SK Nomor 0940/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016 (Juni 2016). SK ini berlaku hingga 17 Juni 2021.

Akreditasi terakhir:

  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia untuk jenjang S1 adalah A. Akreditasi ini sesuai dengan keputusan BAN-PT No 8841/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VI/2021. Penetapan status A tersebut berlaku mulai dari tahun 2021 sampai dengan 18 Juni 2026.
  • Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia untuk jenjang S2 terakreditasi Unggul sesuai dengan SK BAN-PT No 9486/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/M/XI/2022. Mulai berlaku dari 2022 sampai 15 November 2027
  • Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia untuk jenjang S3 telah terakreditasi Unggul sesuai dengan SK BAN-PT No 601/SK/LAMDIK/Ak/D/XI/2022. Mulai berlaku dari 2022 sampai 29 Agustus 2027.

Demikianlah pembahasan terkait Akreditasi Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu mengenai akreditasi salah satu jurusan terbaik yang ada di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *