Kuliah Jurusan DKV Adalah

Kuliah Jurusan DKV Adalah

Kuliah jurusan dkv adalah – Desain komunikasi visual masih merupakan bagian dari ilmu seni. Sebelum  menjadi DKV, jurusan ini disebut desain grafis. 

Kuliah Jurusan DKV Adalah

Mahasiswa desain grafis banyak belajar tentang grafis dan gambar 2D pada media cetak, yang sangat berbeda dengan materi perkuliahan DKV saat ini. 

Jurusan DKV terutama mengeksplorasi konsep komunikasi dan ekspresi kreatif, dan menggunakan elemen visual dalam menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu. 

Karena unsur pesan memegang peranan yang sangat penting, lulusan  DKV diharapkan mampu mengolah pesan secara menarik, informatif dan komunikatif sehingga dapat tersampaikan secara efektif. 

Saat ini, jurusan DKV sedang dikembangkan dalam skala yang jauh lebih besar. Selain grafik 2D, mahasiswa jurusan desain komunikasi visual juga akan mempelajari tentang grafik gerak 3D dalam berbagai media seperti media elektronik dan web interaktif.

Melalui program studi ini mahasiswa akan memahami bagaimana penerapan seni dan desain dalam menciptakan solusi bagi permasalahan yang ada di masyarakat.

Sehingga mereka mampu merancang komunikasi melalui visual di berbagai macam media untuk menciptakan perubahan untuk dunia. 

Kuliah jurusan dkv ngapain aja 

Calon mahasiswa DKV harus melalui tantangan pertama yaitu tes khusus menggambar. Tes ini menjadi syarat dasar bagi calon mahasiswa yang memutuskan untuk mengambil kuliah di bidang seni, termasuk bidang desain komunikasi visual. 

Oleh karena itu, kemampuan dasar menggambar seringkali menjadi tolak ukur untuk bisa bekerja di bidang ini.

Di awal semester pertama kuliah, mahasiswa DKV akan diperkenalkan pada pengetahuan basic seperti Dasar Seni Rupa dan Desain, serta Rupa Dua dan Tiga Dimensi. 

Masuk ke semester 3 dan 4, mata kuliah akan lebih mengerucut ke arah desain, seperti tipografi, ilustrasi, dan fotografi. Bagi kamu yang suka fotografi, di jurusan ini kamu akan diberi pengantar fotografi, 

Jurusan DKV juga akan mempelajari tentang psikologi visual, studi tentang teori dan prinsip-prinsip psikologi yang diterapkan di bidang visual. Di jurusan ini kamu akan lebih memahami tentang persepsi dan bagaimana manusia menginterpretasikan informasi melalui visual. 

Lalu, mulai semester 4 dan seterusnya, mahasiswa akan lebih ditekankan kepada penggunaan desain secara aplikatif. Seperti untuk penyampaian informasi ke masyarakat, iklan produk, sampai industri kreatif. 

Setelah melalui berbagai mata kuliah dasar komunikasi visual, pada semester 6, teman-teman akan dijuruskan pada 3 jalur minat program studi, yaitu:

  • Komunikasi Grafis
  • Komunikasi Visual Periklanan
  • Komunikasi Multimedia

Pada dasarnya Komunikasi Grafis dan Komunikasi Visual Periklanan mengolah bahasa visual pada media statis / diam. Kemampuan komunikasi, tipografi, ilustrasi, fotografi menjadi faktor yang harus dikuasai. 

Desainer Grafis mampu membuat logo, desain majalah / surat kabar, rambu (sign system), desain kemasan, paket promosi produk dan lain-lain dengan keahliannya tersebut.

Desainer Iklan mampu bermain visual dengan menarik dan efisien untuk tujuan persuasi. Mengemas citra sebuah produk / program / kampanye dengan bahasa visual yang baik, yang bermuara pada perubahan perilaku sasaran yang dituju.

Sementara Komunikasi Multimedia mengarah pada media dinamis berbasis waktu dan suara (audio). Animasi, desain web, media interaktif hingga penyutradaraan film adalah contoh pekerjaan desainer multimedia.

 Dasar-dasar komunikasi visual teraplikasikan secara dinamis dalam karya multimedia. Untuk membiasakan diri dengan dunia industri, jurusan DKV juga mewajibkan mahasiswanya untuk magang. Biasanya waktu magang berdekatan dengan saat penyusunan tugas akhir.

Cakupan pekerjaan desain komunikasi sangat luas, antara lain: mulai dari label produk / makanan, desain logo yang mencitrakan sebuah lembaga / perusahaan (branding), paket promosi dan kampanye sebuah program, hingga membuat iklan di media massa, dsb.

Berbeda dengan seni murni (dalam hal ini seni grafis) yang karya seninya dibuat sebagai ungkapan ekspresi sang seniman, 

Maka karya seni yang dihasilkan oleh seorang desainer komunikasi visual lebih ditekankan dengan konsep yang bermaksud-tujuan dan ditujukan untuk khalayak yang disasar (target audience).

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang kuliah jurusan dkv adalah, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *