Kuliah Jurusan Tata Busana di Jogja 2023

Kuliah Jurusan Tata Busana di Jogja

Kuliah Jurusan Tata Busana di Jogja – Program studi Tata Busana sering juga disebut dengan nama Fashion Design di beberapa perguruan tinggi. Pada program studi ini di pelajari teknik mendesain, belajar membuat pola, menjahit, dan seluk beluk produksi busana atau fashion. 

Selain itu, kamu juga diajarkan tentang analisis tren, bagaimana marketing dan manajemen bisnis fashion. Biasanya, di akhir perkuliahannya anak Tata Busana (Fashion Design) akan mengadakan fashion show sebagai tugas final mereka. 

Berikut beberapa rekomendasi Kuliah Jurusan Tata Busana di Jogja.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi kampus negeri yang menyediakan jurusan tata busana. Kampus ini membuka S1 Pendidikan Teknik Busana dan D3 Teknik Busana yang masuk ke Fakultas Teknik UNY. 

Beberapa mata kuliah yang dipelajari adalah Konstruksi Pola Busana, Teknologi Tekstil, Sejarah Mode, Desain Busana, Grading Pola Busana, Teknologi Batik, Teknologi Bordir, Manajemen Peragaan Busana, dan lainnya.

Prodi D4 Tata Busana terakreditasi Baik, Tata Busana D3 terakreditasi A, dan Pendidikan Tata Busana S1 memiliki akreditasi Unggul berdasarkan sertifikat akreditasi dari BAN-PT.

Melalui prodi ini, UNY berharap dapat memberdayakan lulusannya dengan berbagai skill di bidang fashion dan dapat berperan aktif dalam mendukung perkembangan dunia fashion dalam negeri sehingga bisa berkompetisi di tingkat internasional.

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Rekomendasi perguruan tinggi Jurusan Tata Busana di Yogyakarta berikutnya adalah Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Mungkin di kalangan masyarakat umum masih banyak yang belum kenal dengan kampus yang satu ini, akan tetapi di kalangan pegiat seni sudah sangat terkenal. 

Di ISI Jogja khusus jurusan batik dan fashion ini sangat pas untuk menghasilkan lulusan di bidang seni batik dan fashion yang mengikuti perkembangan zaman sehingga nantinya dapat go internasional.

Beberapa prospek kerja lulusan batik dan fashion ini, diantaranya:

  • Desainer batik dan fashion
  • Wirausahawan di bidang batik dan fashion.
  • Quality Control perusahaan batik dan fashion
  • Supervisor perusahaan batik dan fashion
  • Instruktur/ pelatih di bidang batik dan fashion

Universitas Kristen Duta Wacana

Universitas Jurusan Tata Busana di Yogyakarta berikutnya adalah Universitas Kristen Duta Wacana. Kampusnya terletak di Kantor Fakultas Arsitektur dan Desain. Gedung Agape lantai 5, Jl. Dr. Wahidin 5-25 Yogyakarta 55224. 

Nama prodinya adalah desain produk di bawah naungan fakultas arsitektur dan desain. Kamu akan mendapatkan gelar sarjana desain (S.Ds) jika berhasil menyelesaikan studi disini.

Program studi Desain produk UKDW ini menghasilkan generasi profesional mandiri dalam bidang desain produk yang mempunyai kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang handal.

Selain itu, Program Studi Desain Produk UKDW juga memberikan peluang belajar melalui program Praktik Profesi Desain di Industri, Kuliah Kerja Nyata di Desa, dan sejak tahun 2021 akan menerapkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

AKS- AKK Yogyakarta

Universitas Jurusan Tata Busana di Yogyakarta yang terletak di tengah kota Yogyakarta, tepatnya di Jl. Nitikan Baru No.69 Umbulharjo Yogyakarta ini kerap mengadakan aktivitas gelar cipta. Adanya aktivitas ini juga bisa menarik atensi warga buat kuliah di bidang ini.

Program Tata Busana di kampus ini mempunyai tujuan buat menciptakan lulusan sanggup berjiwa wirausaha serta mandiri. 

Tidak cuma itu, lulusan dari kampus ini diharapkan mempunyai tujuan bisa meningkatkan diri dengan teknologi busana. 

Demikianlah pembahasan tentang kuliah jurusan Tata Busana di Jogja. Semoga kamu bisa melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan, serta diterima di kampus dan jurusan yang sesuai, terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *