Kuliah Jurusan Tata Busana di Surabaya

Kuliah Jurusan Tata Busana di Surabaya

Kuliah Jurusan Tata Busana di Surabaya – Kuliah di jurusan Tata Busana memiliki prospek kerja yang cukup bagus. Hal ini didasari perkembangan dunia mode yang begitu cepat dan dinamis.

Berikut Kuliah Jurusan Tata Busana di Surabaya

Atas hal tersebutlah, banyak anak muda yang berminat untuk kuliah di jurusan Tata Busana. Mahasiswa di jurusan ini akan belajar tentang teknik mendesain, membuat pola, menjahit, hingga seluk beluk produksi busana atau fashion. 

Selain itu, juga diajari tentang analisis trend, marketing, dan manajemen bisnisnya. Biasanya di akhir semester, mahasiswa jurusan tata busana akan mengadakan fashion show sebagai tugas akhir mereka.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lulusan dari jurusan tata busana dididik untuk terjun ke dunia fashion dan mode. Selain itu, mereka juga disiapkan untuk menjadi guru SMK karena memang cukup banyak kampus negeri penyedia jurusan tata busana yang memasukkan keilmuan ini di rumpun pendidikan.

Selain itu, ada banyak profesi yang bisa digeluti lulusan jurusan ini, seperti perancang busana atau desainer, konsultan fashion, pattern maker, fashion stylist, fashion illustrator, hingga jurnalis fashion.

Tak hanya sederet profesi itu saja, para lulusan jurusan tata busana juga bisa terjun di dunia bisnis, baik itu mengembangkan merek fashion sendiri atau bekerja di perusahaan besar.

Salah satu kampus di Surabaya yang membuka jurusan ini adalah Universitas Negeri Surabaya (UNESA). UNESA membuka jurusan tata busana baik S1 atau D3 yang masuk ke dalam Fakultas Teknik. 

Mahasiswa akan mendapatkan 133 SKS wajib dan 17 SKS pilihan. Mata kuliah yang diajarkan seperti Pengelolaan Usaha Busana, Desain Mode, Busana Pria, Busana Wanita hingga Cipta Karya Busana dan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Universitas Negeri Surabaya tidak dapat dipisahkan dari bagian utuh perjalanan panjang pendidikan nasional. 

Dengan telah menghasilkan sekitar 80.000 lulusan, UNESA berani memposisikan diri sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tinggi yang mampu merencanakan pengembangan untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, mengevaluasi diri untuk menyiapkan lulusan yang berdaya saing tinggi (nation competitiveness) dan berjiwa kewirausahaan (entrepreneurship), serta mengatur segala kegiatannya dalam suatu mekanisme organisasi yang sehat (organizational health).

UNESA harus mandiri (autonomy) sebagai sebuah Badan Hukum Pendidikan Pemerintah (BHPP) seperti yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas).

Penilaian akreditasi terhadap program studi Tata Busana tersebut telah dilakukan oleh asesor BAN-PT, pada tanggal  15-18 Maret 2016 untuk program studi S1 Pendidikan Tata Busana, dan dari hasil yang telah ditetapkan, Program Studi S1 Tata Busana mendapatkan akreditasi B.

Adapun Dosen S1 Pendidikan Tata Busana yaitu sebagai berikut. 

  • Prof. Dr. Marniati, S.E., M.M.
  • Drs. Ec. Mein Kharnolis., M.SM.
  • Dr. Lutfiyah Hidayati, S.Pd., M.Pd.
  • Dr. Sn. Inty Nahari, S.Pd., M.Ds.
  • Imami Arum Tri Rahayu, S.Pd., M.Pd.
  • Deny Arifiana, S.Pd., M.A.
  • Peppy Mayasari, S.Pd., M.Pd.
  • Ma’rifatun Nashikhah, S.Pd., M.Pd.
  • Mita Yuniati, S.Pd., M.Pd.

Demikianlah pembahasan tentang kuliah jurusan Tata Busana di Surabaya. Semoga bisa menambah wawasan kamu semua dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *