Kuliah Jurusan Tata Boga Di Samarinda

Kuliah Jurusan Tata Boga Di Samarinda

Kuliah Jurusan Tata Boga Di Samarinda merupakan salah satu jurusan yang mengajak kamu untuk belajar memasak.

Tidak hanya itu, kamu juga akan dilatih untuk menyajikan hidangan yang memenuhi 4 aspek yaitu kebutuhan nutrisi, kecantikan penampilan, citrasa, serta kualitas.

Kamu akan memahami betul mengenai pengolahan hidangan, termasuk minuman dari berbagai tempat, mulai dari Indonesia, western food, oriental food, dan lain-lain. Bidang-bidang terkait yang juga wajib kamu kuasai nantinya adalah gizi, sanitasi dan higienitas, dan pelayanan.

Jurusan ini tentu tidak berhubungan dengan gender, karena tidak sedikit pria yang tertarik untuk menekuni lahan kuliner sebagai profesi utama. Kamu tentu pernah mendengar nama Chef Juna, Chef Arnold, sampai Gordon Ramsay.

Bidang kuliner akan selalu diperlukan kapanpun juga, sehingga kamu tidak perlu khawatir tidak mendapat pekerjaan setelah lulus. Beberapa profesi yang bisa kamu pilih adalah:

  • Koki/chef
  • Baker
  • Barista
  • Bartender
  • Food service managers
  • Head Cook
  • Wirausahawan kuliner
  • Dan lain-lain

Seorang pebisnis kuliner kaki lima jika sanggup menyediakan hidangan lezat dan harganya terjangkau, bisa mengantongi omset jutaan rupiah per hari. Jurusan tata boga ini sangat menarik dan bisa menghasilkan untung yang sangat besar. 

Kuliah Jurusan Tata Boga Di Samarinda

Buat kamu yang berasal dari Samarinda mau cari kampus untuk jurusan tata boga, kamu bisa pilih salah satu rekomendasi kampus terbaik di bawah ini. 

1. Universitas Negeri Jakarta

Universitas pendidikan ini, setelah lulus kamu akan mendapatkan gelar sarjana tata boga S.Pd. Ini artinya kamu sudah memenuhi syarat menjadi pengajar Tata Boga pada tingkat pendidikan menengah.

UNJ juga membekali kamu dengan materi tentang pengelolaan toko kue dan roti pada jurusan Patiseri. Bidang tersebut cocok untuk kamu yang bercita-cita membuka bisnis cake shop sendiri.

2. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang juga menyediakan program studi Pendidikan Tata Boga yang mencetak mahasiswa menjadi guru. 

Nantinya kamu bisa berkarir sebagai tenaga pengajar misalnya di jurusan tata boga SMK. Prodi ini merupakan bagian dari Fakultas Teknik, Jurusan Teknologi Industri.

Selain itu kamu juga bisa memilih program Diploma III jika lebih suka terjun langsung pada bidang kuliner. 

Pada jurusan Tata Boga UNM kamu akan mempelajari materi-materi seperti Pengendalian Mutu Makanan, Desain Boga, Pengelolaan Makanan Kontinental, dan lain-lain.

3. Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas ini adalah salah satu kampus dengan biaya kuliah tata boga yang terjangkau, UPI Bandung adalah opsi terbaik. Dibandingkan perguruan tinggi atau institut Tata Boga swasta, tentu saja biaya pendidikan di kampus negeri lebih bersahabat.

Jurusan Tata Boga UPI bernama resmi Program Studi Pendidikan Vokasi Seni Kuliner. Program tersebut terdiri dari tiga peminatan, yaitu Pastry, Jasa Boga, dan Dietetika. Prodi tersebut berada di bawah naungan Fakultas Teknologi dan Kejuruan UPI.

4. Universita Negeri Yogyakarta

Jurusan Tata Boga UNY atau Pendidikan Teknik Boga mulai menerima mahasiswa di tahun 2018. 

Selain menyediakan program pendidikan S1 yang berkonsentrasi pada pengajaran Tata Boga, UNY juga memiliki program Diploma. Di sini kamu akan lebih banyak berkutat dengan keilmuan tata boga murni.

Walaupun dapat dibilang masih muda, tetapi jurusan ini sudah mengantongi akreditas A BAN-PT. 

Materi-materi kuliah yang akan kamu pelajari adalah mengolah makanan, karakteristik bahan, perencanaan resep serta menu, pengaturan nutrisi yang ideal, penyajian, dan sebagainya.

5. Tristar Culinary Institute

Sekolah ini memiliki dua kampus, yaitu di Surabaya dan Ibukota. Tristar Culinary Institute adalah salah satu sekolah tinggi kuliner terbaik di Tanah Air. 

kamu dapat memilih jurusan sesuai minat, yaitu Culinary Business, Baking and Pastry Art, dan Culinary Art. Disini kamu akan dididik untuk menjadi tenaga profesional dalam bidang kuliner.

6. The Sages Institute International

Sekolah kuliner ini juga cukup populer sebagai salah satu sekolah boga dan pastry terkemuka. Prodi yang tersedia di sekolah bertaraf internasional ini adalah Hospitality Course, Baking Pastry, Gastronomy, dan Culinary Art.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Kuliah Jurusan Tata Boga Di Samarinda. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *