Ilmu Komunikasi UGM, Cek Disini Informasinya !

Ilmu Komunikasi UGM

Ilmu komunikasi UGM merupakan salah satu jurusan paling menarik karena mampu memberikan efek yang sangat bagus di dalam berkomunikasi tentunya.

Sebelum mengetahui tentang jurusan ilmu komunikasi UGM, sebaiknya anda perlu mengetahui tentang seputar kampus ugm tentunya.

Universitas gadjah mada atau yang dikenal dengan UGM merupakan salah satu kampus perguruan tinggi negeri di Indonesia yang didirikan oleh pemerintahan republic Indonesia pada tanggal 19 desember 1949.

Kampus UGM terdiri dari 20 fakultas termasuk program pascasarjana dan terdiri dari ratusan program bidang studi tentunya.

Salah satu program studi yang menarik dan tempat ajang sebagai anak komunikasi yaitu jurusan atau departemen ilmu komunikasi UGM.

Ilmu komunikasi merupakan cabang ilmu yang mempelajari bagaimana cara atau anda menyampaikan pesan atau berita secara efisien dan efektif guna mendapatkan hasil akhir yang kita inginkan.

Kemudian ilmu komunikasi tentunya juga berhubungan dengan pemanfaatan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan zaman, misalnya perkembangan internet, media serta tren baru yang sedang populer dan tentunya faktor – faktor lainnya.

Selanjutnya program studi ilmu komunikasi ini juga mempelajari psikologi penerima pesan serta beberapa hal yang terkait peraturan dan kebijakan penyiaran konten melalui berbagai media.

Dan ini berhubungan dengan public speaking sebagai salah satu kemampuan dasar yang wajib untuk dipelajari di jurusan atau departemen ilmu komunikasi UGM tentunya.

Jurusan ilmu komunikasi UGM merupakan jurusan atau departemen yang sangat menyenangkan, sebab tidak hanya mempelajari teori, disini akan terjun langsung bagaimana cara manajemen dan produksi televisi, radio dan media cetak tentunya.

Kuliah di jurusan ilmu komunikasi UGM ini tentunya akan mempelajari tentang cakupan yang sangat luas yang berkaitan dengan studi jurnalisme, humas, periklanan ataupun media hiburan tentunya.

Program studi ilmu komunikasi UGM ini berdiri sejak tahun 1950. Pendirian program studi ini bertujuan untuk membangun critical dan creative skill bagi para mahasiswa.

Hal ini bertujuan agar mahasiswa nantinya mampu serta dapat mengembangkan karir di bidang komunikasi dan media serta memberikan kontribusi bagi masyarakat.

Pada program ilmu komunikasi UGM ini tentunya mempunyai empat peminatan yaitu jurnalisme, media hiburan, humas dan juga periklanan.

Keempat peminatan ini merupakan kategori kompetensi yang dapat dipilih oleh mahasiswa tentunya dan program studi menetapkan keempat peminatan ini tentunya berdasarkan pada perkembangan keilmuan komunikasi dan media.

Jurusan ilmu komunikasi UGM ini terdiri dua kelas yaitu kelas regular dan internasional. Kemudian ilmu komunikasi UGM ini termasuk ke fakultas ilmu sosial dan ilmu politik

Untuk lulusan dari ilmu komunikasi UGM ini tentunya lulusan program studi ini akan menguasai salah satu dari tiga bidang konsentrasi yaitu konsentrasi media, sistem penunjang media dan konsentrasi perspektif media.

Dalam konsentrasi media, ilmu yang akan dipelajari berkaitan dengan produksi teks media, terutama media masa modern cetak dan elektronik.

Dalam konsentrasi system penunjang media, ini berfokus pada ilmu yang dipelajari adalah tentang periklanan dan public relations, sedangkan untuk konsentrasi perspektif media, disini materi pembelajaran dititikberatkan pada aspek teoritis keberadaan media.

Kemudian lulusan program studi ini tentunya dapat berprofesi sebagai pakar atau pelaku sector media masa serta humasi di berbagai lembaga pemerintahan dan perusahaan, eccount executive, media planer, periklanan dan peneliti tentunya.

#1. Ilmu Komunikasi UGM Akreditasi

Jurusan atau departemen ilmu komunikasi UGM akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT. persaingan masuk ke jurusan ini bahkan terbilang sangat ketat dan hanya tersedia 75 kursi dari ribuan pendaftar di setiap tahunnya.

#2. Ilmu Komunikasi UGM  Masuk Fakultas Apa

Untuk jurusan ataupun departemen ilmu komunikasi UGM masuk fakultas ilmu sosial dan ilmu politik yang dikenal dengan FISIP dan dibawah naungan fakultas ilmu komunikasi atau FIKOM UGM pada tahun 1950 tentunya.

Nah demikianlah artikel tentang  ilmu komunikasi UGM, semoga artikel ini dapat membantu anda dan saya ucapkan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *