Daftar Universitas Swasta di Padang Terfavorit

Universitas Swasta di Padang

Universitas Swasta di Padang – Hallo dunsanak sadonyo, bagi kalian yang tidak lulus UNP atau Unand dan ingin berkuliah di Kota Padang kami akan rekomendasikan beberapa Universitas Swasta di Padang yang mungkin bisa dijadikan tempat untuk menimba ilmu.

Universitas Swasta di Padang ini bukan hanya universitas biasa tetapi salah satu Universitas Swasta terfavorit di Padang, biar kalian rasanya tidak canggung bila orang bertanya kalian kuliah dimana.

Berikut Universitas Swasta di Padang yang terfavorit :

  1. Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta adalah universitas swasta terfavorit di Padang dan juga menjadi universitas swasta terbesar di Sumatera Barat. Universitas Bung Hatta didirikan pada tanggal 20 April 1981 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Wawasan Nusantara. 

Kemudian pada tahun 1996, berganti nama menjadi Yayasan Pendidikan Bung Hatta. Sejak diresmikan pada tanggal 20 April 1981. 

Universitas Bung Hatta memiliki enam fakultas yang terdiri dari beberapa jurusan, yaitu Fakultas Ekonomi & Bisnis, Hukum, Keguruan & Ilmu Pendidikan, Sastra, Teknik, dan Perikanan.

  • Akreditasi: B
  • Alamat: Jl. Bagindo Aziz Chan By Pass, Kota Padang, Sumatera Barat
  • Biaya Mulai: Rp 6.000.000 per semester.
  1. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Padang yang didirikan pada 1955. 

Kampus Swasta di Padang ini dulunya merupakan gabungan dari STKIP Muhammadiyah Padang Panjang STIH Muhammadiyah Bukittinggi, STIP Muhammadiyah Payakumbuh, dan AMA Muhammadiyah Padang.

Sampai saat ini Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat telah memiliki 9 fakultas dan 1 Program Pascasarjana. Fakultas yang ada yaitu, Agama Islam, Kehutanan, Keguruan, Ekonomi, Hukum, Kesehatan, Pariwisata, Farmasi, Pertanian, dan Ilmu Sosial & Politik.

  • Akreditasi: B
  • Alamat: Jl. Pasir Kandang No. 4, Kota Padang, Sumatera Barat
  • Biaya Mulai: Rp 2.250.000 untuk SPP.
  1. Universitas Ekasakti

Universitas Ekasakti merupakan universitas swasta di Padang yang didirikan pada April 1963 di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Indonesia (YPTI). 

Universitas ini dulunya merupakan Akademi Akuntansi Indonesia (AAI) Padang. Pada tahun 1984, YPTI mendirikan UNES hingga seperti sekarang ini.

Saat ini Universitas Ekasakti Padang telah memiliki tujuh fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan, Fakultas Ilmu Sosial, dan Fakultas Sastra.

  • Akreditasi: B
  • Alamat: Jalan Veteran Dalam No.26B Padang Pasir, Kota Padang, Sumatera Barat
  • Biaya Mulai: Rp 3.500.000 per semester.
  1. Universitas Taman Siswa Padang

Universitas Taman Siswa padang merupakan salah satu universitas swasta di padang yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara pada Agustus 1987. 

UNITAS Padang didirikan sebagai wujud penghargaan dan penghormatan atas jasa Ki Hajar Dewantara di bidang pendidikan.

Universitas Taman Siswa Padang sampai saat ini telah memiliki 3 fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Pertanian.

  • Akreditasi: B
  • Alamat: Jln. Tamansiswa No.9, Kota Padang, Sumatera Barat
  • Biaya Mulai: Rp 2.250.000 per semester.
  1. Universitas Baiturrahmah

Universitas Baiturrahmah atau yang biasa disingkat dengan UNBRAH adalah universitas swasta di padang yang didirikan pada tanggal 16 Juli 1994 oleh Yayasan Pendidikan Baiturrahmah yang diketuai oleh Bapak H. Amran.

Universitas Baiturrahmah Padang telah memiliki 4 fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Ekonomi.

  • Akreditasi: B
  • Alamat: JL Raya By Pass KM. 15 Aie Pacah Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.
  • Biaya Mulai: Rp 2.900.000 per semester.
  1. Institut Teknologi Padang

Institut Teknologi Padang atau yang dikenal dengan ITP merupakan universitas swasta di Padang yang didirikan pada tahun 1973 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Teknologi Padang. Kampus swasta di padang ini dulunya bernama Kursus Ahli Teknik (KAT).

Hingga saat ini universitas swasta di padang yang satu ini hanya memiliki dua fakultas saja, yaitu Fakultas Teknik dan Fakultas Vokasi yang terdiri dari beberapa jurusan teknik.

  • Akreditasi: B
  • Alamat: Jalan Gajah Mada Kandis Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat
  • Biaya Mulai: Rp 6.000.000 per semester.
  1. Universitas Putra Indonesia

Universitas Putra Indonesia YPTK Padang adalah Universitas Swasta di Padang yang didirikan oleh H. Herman Nawas dan Istrinya Dr. Hj. Zerni Melmusi, M.M., Ak melalui Yayasan Pendidikan Tinggi Komputer Padang pada tanggal 23 September 1985.

Universitas Putra Indonesia Padang telah memiliki 6 Fakultas, yaitu Fakultas Komputer, Ekonomi, Psikologi, Teknik Sipil, Teknik Industri, Desain Komunikasi Visual, dan Ilmu Keguruan & Ilmu Pendidikan.

  • Akreditasi: B
  • Alamat: Jl. Raya Lubuk Begalung, Lubuk Begalung Nan XX, Kec. Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat.
  • Biaya Mulai: Rp 2.000.000 per semester.

Dari ke enam Kampus Swasta di Kota Padang tersebut hanya satu Universitas Swasta di Padang yang Menerima KIP Kuliah yaitu Universitas PGRI Sumatera Barat, karena kampus tersebut merupakan kampus yayasan yang di Nahkodai oleh persatuan Guru Republik Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *