Daftar Nama Profesor Fisika Dunia

Profesor Fisika Dunia

Profesor Fisika dunia – Siapa yang suka yang diantara Kalian ini pelajaran fisika semasa duduk di bangku persekolahan.

Tentunya  Kalian  pasti tidak asing lagi dengan beberapa nama yang kami sebutkan ini, seperti Galileo Galilei, Albert Einstein, Michael Faraday, Isaac Newton, dan masih banyak lagi, ya mereka merupakan Profesor Fisika dunia.

Masing-masing dari mereka telah memberikan Kontribusi besar bagi dunia Fisika Khususnya Teknologi ataupun berhubungan dengan kelangsungan hidup Manusia. Berikut akan kami tampilkan Profesor Fisika dunia yang berpengaruh di dunia.

Daftar Nama Profesor Fisika dunia

  • Albert Einstein

Sepertinya, Albert Einstein adalah yang paling terkenal dalam daftar ini. Bisa dibilang, ia adalah fisikawan dengan reputasi terbesar untuk orisinalitas pemikiran. Mengapa demikian?

Salah satu persamaan paling terkenal yang ia ciptakan adalah E=mc2, yang menunjukkan kesetaraan massa dan energi. Artinya, energi dan massa bisa dipertukarkan, di mana energi bisa menjadi massa dan sebaliknya, mengutip dari Public Broadcasting Service (PBS).

Selain itu, Einstein mencetuskan teori tentang cahaya, di mana semua cahaya terdiri dari paket energi kecil yang disebut foton (photons). Melansir Interesting Engineering, foton adalah partikel tetapi juga memiliki sifat seperti gelombang.

  • Galileo Galilei

Kalian  pasti pernah mendengar nama Galileo Galilei. Pria kelahiran tahun 1564 ini memberikan kontribusi besar pada bidang fisika, astronomi, kosmologi, matematika, dan filsafat, melansir dari History.

Ia mencetuskan gagasan yang cukup kontroversial pada zaman itu, yakni teori heliosentris di mana bumi berputar mengelilingi matahari. Sementara, otoritas agama dan masyarakat umum pada masa itu mempercayai teori geosentris.

Imbasnya, ia dipaksa untuk mengakui kesalahan dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada tahun 1633. Mengutip dari StarChild, karena faktor usia dan kesehatan yang buruk, Galileo Galilei diizinkan menjalani hukuman penjara sebagai tahanan rumah. Ia wafat pada 8 Januari 1642.

  • Isaac Newton

Siapa yang tidak kenal dengan Isaac Newton? Isaac Newton adalah fisikawan yang konon menemukan teori gravitasi ketika sebuah apel jatuh dari pohon dan mengenai kepalanya.

Melansir Sciencing, yang sebenarnya terjadi ialah Isaac Newton melihat sebuah apel jatuh dari pohon lalu berpikir mengenai kekuatan misterius yang menarik benda ke tanah. Dari sini, teori gravitasi tercetus.

Prinsip gravitasinya juga menjelaskan mengenai bagaimana planet-planet berputar mengelilingi matahari. Berkat kontribusinya, Isaac Newton meraih banyak penghargaan, termasuk menjadi presiden Royal Society, mengutip The Guardian.

  • Michael Faraday

Listrik yang kita nikmati sekarang adalah buah dari kerja keras dan pemikiran Michael Faraday. Profesor Fisika dunia ini menemukan induksi elektromagnetik dan hukum elektrolisis.

Melansir The Guardian, perangkat elektromagnetiknya adalah dasar dari teknologi motor listrik. Ia juga menciptakan banyak istilah baru seperti ‘ion’, ‘elektroda’, dan ‘katoda’.

Michael Faraday membuktikan bahwa gerakan bisa diubah menjadi listrik. Rotasi (energi kinetik) diubah menjadi listrik menggunakan induksi elektromagnetik, mengutip dari Famous Scientists.

  • James Clerk Maxwell

Mungkin, kita kurang familiar dengan James Clerk Maxwell. Namun, kontribusinya pada fisika sama pentingnya dengan yang lain.

Profesor Fisika dunia ini terkenal karena studinya dalam radiasi elektromagnetik, yang menyatukan ilmu listrik, magnet, dan optik.

Melansir National Library of Scotland, elektromagnet menggabungkan listrik dan magnet dalam satu perangkat. Lalu, pergerakan elektron yang berfluktuasi menciptakan gelombang elektromagnetik.

Selain itu, James Clerk Maxwell menemukan bahwa foto berwarna bisa dibentuk dengan filter merah, hijau, dan biru. Dan di tahun 1861, ia mempersembahkan foto berwarna pertama di dunia.

Jika ingin melihatnya, datanglah ke museum kecil di 14 India Street, Edinburgh, rumah tempat Maxwell dilahirkan.

  • Niels Bohr

Fisikawan kelahiran Kopenhagen ini mengembangkan gagasan modern tentang atom, yang memiliki nukleus di pusatnya dan elektron yang berputar di sekelilingnya.

Melansir Live Science, kontribusi terbesar Niels Bohr adalah model atom. Modelnya menunjukkan atom sebagai inti kecil bermuatan positif yang dikelilingi oleh elektron yang mengorbit.

Berkat penelitiannya tentang struktur atom, Profesor Fisika dunia ini memenangkan Hadiah Nobel. Selain itu, ia memberikan sumbangsih besar terhadap teori kuantum. FYI, unsur kimia bohrium (Bh), nomor 107 pada tabel periodik dinamai berdasarkan namanya.

Nah itulah nama – nama Profesor Fisika dunia, semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat, dan kami ucapkan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *