Katalog Buku Pepustakaan dan Buku Kurikulum Merdeka Terbaru

Katalog Buku

Katalog Buku, – Apa itu Katalog?? Secara umum, ini merupakan sebuah daftar, baik dalam bentuk kartu atau buku yang berisi deskripsi produk.

Daftar ini memuat nama benda atau informasi tertentu yang ingin disampaikan. Informasi tersebut disusun secara berurutan, teratur, dan alfabetis.

Katalog berasal dari bahasa Indonesia berasal dari kata Catalog dalam bahasa Belanda, serta Catalogue dari bahasa Inggris. Istilah katalog itu sendiri berasal dari frase Yunani Katalogos. 

Kata bermakna sarana atau menurut, sedangkan logos memiliki berbagai arti seperti kata, susunan, alasan dan nalar. 

Jadi katalog dari segi kata bermakna sebuah karya dengan isinya disusun menurut cara yang masuk akal. 

Katalog bentuk buku merupakan katalog yang tersusun dalam 1 buku. Disebut juga katalog tercetak dan merupakan bentuk katalog yang paling kuno. 

Katalog bentuk buku memiliki beberapa keuntungan, seperti mudah digunakan, dapat dibawa ke mana-mana, dan digandakan dengan mudah. 

Kerugiannya adalah, sekali dijilid, maka katalog buku menjadi usang, karena tambahan buku tidak dapat disisipkan ke entri yang sudah ada.

Menurut sebuah simpanan rencana atau hanya berdasarkan kata demi kata.(strout 1957)

Catalog digunakan untuk berbagai macam tujuan. Mulai dari memudahkan orang dalam mencari buku di perpustakaan, memuat daftar produk, hingga digunakan sebagai istilah direktori informasi database dalam dunia komputer.

Dalam dunia bisnis, katalog berfungsi untuk memuat daftar produk. Terutama bagi perusahaan yang menawarkan lebih dari satu produk ataupun jasa.

Katalog seringkali juga menjadi alat promosi. Kamu pasti sering menemukan lembaran seperti tabloid di toserba yang menawarkan sejumlah produk sedang diskon. Itulah contoh catalog paling sederhana.

Katalog buku perpustakaan

Banyak tentunya jenis katalog yang bisa kita temukan di segala aspek kehidupan, salah satunya adalah katalog buku perpustakaan. Apa sih kata buku perpustakaan itu? 

Beberapa definisi katalog menurut ilmu perpustakaan dapat disebutkan sebagai berikut :

  • Katalog berarti daftar berbagai jenis koleksi perpustakaan yang disusun menurut sistem tertentu.(Fathmi, 2004) 
  • A catalogue is a list of, an index to, a collection of books and/or other materials. It enables the user to discover : what material is present in the collection, where this material may be found. (Hunter)
  • Suatu daftar yang sistematis dari buku dan bahan-bahan lain dalam suatu perpustakaan ,dengan informasi deskriptif mengenai pengarang, judul, penerbit, tahun terbit, bentuk fisik, subjek, ciri khas bahan dan tempatnya. (Gates)
  • Katalog perpustakaan adalah daftar buku atau koleksi pustaka dalam suatu perpustakaan atau dalam suatu koleksi. (Sulistyo Basuki, 1991)
  • Katalog perpustakaan merupakan suatu rekaman atau daftar bahan pustaka yang dimiliki oleh suatu perpustakaan atau beberapa perpustakaan yang disusun menurut aturan dan sistem tertentu. (Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan, 2003)

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa katalog merupakan daftar dari koleksi perpustakaan atau beberapa perpustakaan yang disusun secara sistematis, sehingga memungkinkan pengguna perpustakaan dapat mengetahui dengan mudah koleksi apa yang dimiliki oleh perpustakaan dan dimana koleksi tersebut dapat ditemukan.

Katalog kurikulum merdeka

Pada saat sekarang kurikulum yang diterapkan di dunia pendidikan adalah menggunakan kurikulum merdeka, kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang sistematisnya lebih cenderung ke arah yang memanfaatkan teknologi secara maksimal. 

Tentunya pemanfaatan teknologi tersebut juga memerlukan katalog yang tentunya harus mudah dipahami oleh setiap penggunanya. 

Menurut Sulistyo-Basuki (1991) tujuan dari Katalog adalah sebagai berikut:

  • Memungkinkan seorang menemukan sebuah buku yang diketahui pengarangnya, judulnya atau subjeknya.
  • Menunjukan buku yang dimiliki perpustakaan oleh pengarang tertentu, berdasarkan subjek tertentu dan dalam jenis literatur tertentu.
  • Membantu dalam pemilihan buku berdasarkan edisinya dan berdasarkan karakternya (sastra ataukah berdasarkan topik).

Charles Ammi Cutter menyebutkan tiga fungsi katalog yaitu :

  • Memungkinkan seseorang menemukan sebuah buku yang diketahui dari pengarang, judul atau subyeknya.
  • Menunjukkan apa yang dimiliki suatu perpustakaan oleh pengarang tertentu, pada subyek tertentu, dalam jenis literatur tertentu.
  • Membantu dalam pemilihan buku berdasarkan edisinya atau berdasarkan karakternya (bentuk sastra atau berdasarkan topik)
  • Fungsi tersebut dikemukakan oleh Cutter lebih dari 100 tahun yang lalu, namun sampai saat ini masih sangat relevan tentunya dengan beberapa penyesuaian seperti istilah buku sebaiknya diganti dengan istilah koleksi. Sedangkan untuk katalog induk mempunyai fungsi tambahan antara lain mempermudah penyalinan katalog (copy cataloguing), mendukung pengawasan bibliografi (bibliographic control), dan menopang silang layan (inter library loan).

Untuk kamu yang penasaran tentang katalog kurikulum Merdeka 2022 kamu bisa mengklik link di bawah ini untuk mendapatkan katalog yang kamu inginkan berdasarkan buku-buku yang telah disediakan oleh Kementerian pendidikan dan budaya. 

https://buku.kemdikbud.go.id/katalog 

Demikianlah informasi kali ini seputar katalog buku semoga informasi dalam artikel ini bisa bermanfaat dan terima kasih telah membaca! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *