Pengertian Intangibility Secara Lengkap

Intangibility

Intangibility merupakan jasa tidak dapat dipegang, dilihat, dicicipi, atau dirasakan sebelum jasa itu dibeli. Nilai terpenting dari intangibility yaitu nilai yang tidak berwujud yang dialami konsumen dalam wujud kenikmatan, kepuasan, atau rasa aman.

Contohnya ketika Anda melakukan transaksi M-banking menggunakan smartphone. Meskipun Anda bisa jelas merasakan manfaatnya, namun pasti sulit untuk membuktikan manfaat tersebut dengan bukti riil apapun

Intangibility dalam pelayanan kesehatan artinya

Beberapa karakteristik khusus jasa pelayanan kesehatan yaitu intangibility, inseparability, inventory, dan inkonsistensi Santerre dan Neun, 2000 dalam Andhika 2010. Intangi bility merupakan karakteristik jasa pelayanan kesehatan yang tidak bisa dinilai oleh panca indera.

Konsumen pasien tidak bisa melihat, mendengar, membau, merasakan, atau mengecap jasa pelayanan kesehatan.

Intangibility heterogeneity inseparability dan perishability merupakan

Berikut ini penjelasannya:

  • Intangibility (Tidak Berwujud)

Jasa sifatnya tidak berwujud atau istilahnya intangibility. Artinya tidak dapat dilihat dengan jelas, dicium, diraba, didengar dan dirasakan secara langsung sebelum benar-benar dibeli.

Oleh karena wujudnya tidak nyata, produk jasa bisa seperti kenikmatan, rasa aman, dan kepuasan. Tugas perusahaan yaitu memberikan pelayanan yang berkualitas sehingga pelanggan puas dengan jasa yang diberikan.

  • Variability/Heterogeneity (Berubah-Ubah)

Variasi produk jasa sangat banyak karena tergantung siapa yang menyediakan, kapan terjadinya atau dimana jasa tersebut dilakukan. Misalnya jasa hotel yang walaupun rata-rata memiliki standart yang sama, namun pasti jasa yang ditawarkan berbeda dengan lainnya.

Perbedaan jasa tersebut seperti kualitas pelayanan yang diberikan oleh pegawai hotel yang bervariasi.

  • Inseparability (Tidak Terpisahkan)

Yang dimaksud dengan salah satu karakteristik pemasaran jasa ini adalah sebuah pelayanan jasa tidak dapat terpisah dari penyedia jasa pelayanan tersebut. Hubungan antara konsumen yang penikmat  jasa dan penyedia jasa terjadi ketika jasa diproduksi dan dinikmati secara bersamaan.

Artinya bila konsumen membeli jasa maka mereka otomatis akan berhadapan langsung dengan penyedia jasa.

  • Perishability (Tidak Tahan Lama)

Tidak seperti produk barang yang bisa disimpan dan digunakan berulang kali, jasa tidak dapat disimpan dalam waktu yang lama. Jika tidak segera dipakai, jasa akan lewat begitu saja.

Penyedia jasa akan memberikan jenis jasa sesuai permintaan pasar yang kadang bisa berubah-ubah

Demikianlah teman-teman penjelasan kita hari ini tentang intangibility, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *