Pengertian Psikologis Pendidikan Menurut Berbagai Macam Para Ahli

Psikologis Pendidikan

Psikologis pendidikan merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan dan juga tingkah laku dari setiap manusia atau individu seseorang.

Psikologi dapat diartikan sebagai sebuah studi ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan dan juga tingkah laku manusia tentunya. psikologis pendidikan ini juga bermaksud untuk memberikan sebuah pengaruh di dalam kegiatan pendidikan pembelajaran dan juga proses belajar mengajar yang efektif tentunya.

Kemudian di dalam keadaan system pembelajaran, bagaimana cara mengajar, dan juga anak didik di setiap daerah tentu tidak sama.

Dengan kebiasaan anak didik ketika berada di lingkungan keluarga dan juga lingkungan pendidikan terkadang juga berbeda tentunya.

Selanjutnya psikologis pendidikan ini muncul untuk memberikan perbaikan kepada dunia pendidikan di dalam menerapkan kurikulum tentunya, dan proses belajar mengajar, layanan konseling serta evaluasi untuk mendapatkan kualitas anak didik yang lebih baik.

Kemudian psikologis pendidikan  ini disini juga bermaksud guna menerapkan psikologi ke dalam proses yang membawa pengubahan tingkah laku, dengan kata lain untuk mengajar.

Akan tetapi psikologis dalam pendidikan ini lebih dikaji kepada ilmu yang mempelajari tentang belajar, pertumbuhan, dan juga kematangan individu serta prinsip – prinsip ilmiah terhadap reaksi manusia.

Kemudian psikologis dalam pendidikan ini tentunya mempunyai ruang lingkup yang menjadi dasar dan batas atau yang membedakan dengan keilmuan psikologi lainnya. Pendidikan disini juga bertujuan untuk mempengaruhi proses mengajar dan belajar.

Dan untuk teori belajar yang ada pada psikologis pendidikan ini juga ada beberapa teori tentunya, dan salah satu teori belajar yang ada pada psikologis pendidikan ini adalah teori behaviorisme.

#1. Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli

Ada beberapa para ahli yang menjelaskan pengertian yaitu sebagai berikut :

  • Menurut Muhibin Syah ( 2003 ) menjelaskan bahwa psikologis pendidikan ini merupakan sebuah disiplin psikologi yang membahas masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan.
  • Menurut Whiterington ( 1982 ) menjelaskan bahwa psikologis pendidikan merupakan studi yang sistematis terhadap proses dan faktor – faktor yang berhubungan dengan dunia pendidikan.
  • Sedangkan menurut Djiwandono ( 2002 ) menjelaskan bahwa psikologis pendidikan merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku dan pengalaman manusia.

#2. Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan

Psikologi pendidikan dan bimbingan merupakan salah satu jurusan atau program studi dalam jenjang strata 1 (S-1) di pendidikan tinggi jenis kependidikan (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan – LPTK) yang menghasilkan sarjana pendidikan (S.Pd ).

Hal ditandai dengan adanya perkuliahan yang mempunyai kewenangan untuk menjadi konselor pendidikan di suatu satuan pendidikan tentunya.

Dan Pada umumnya jurusan/program studi ini merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Pendidikan. Dalam pendidikan jenjang yang lebih tinggi, S-2 atau S-3 tentunya.

Nah demikianlah artikel tentang psikologis pendidikan, semoga artikel ini dapat membantu anda dan saya ucapkan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *