Landasan Teori Kacang Hijau

Landasan Teori Kacang Hijau

Landasan Teori Kacang Hijau  – Kacang hijau atau yang biasa dikenal dengan nama ilmiah / latin yaitu Vigna radiata. Kacang hijau ini sendiri dikenal sebagai jenis palawija yang dikenal luas di daerah tropika salah satunya di Indonesia.

Kacang hijau ini diketahui sebagai tumbuhan yang digolongkan dalam suku polong-polongan atau dengan sebutan ilmiahnya Fabaceae.

Kacang hijau ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari yang dapat digunakan sebagai salah satu sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi.

Kacang hijau ini sendiri di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah.

Kacang hijau ini termasuk dalam komoditas strategis yang dapat ditanam di lahan sawah kering saat musim kemarau dan peluang keberhasilan lebih tinggi dibandingkan komoditas lainnya.

Tidak hanya sifatnya yang kering, harga jual kacang hijau juga relative lebih mahal dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya.

Landasan Teori Kacang Hijau Pertumbuhan Ditempat Gelap Dan Terang

Pertumbuhan kacang hijau di tempat gelap lebih cepat panjang dan warna daun pucat. Pertumbuhan kacang hijau di tempat terang lebih lambat dan daun berwarna hijau. Pertumbuhan panjang tanaman dipengaruhi oleh hormon auksin.

Jika ditanam di tempat terang, maka tanaman kacang hijau akan tumbuh lebih pendek daripada yang ditanam di tempat gelap. Peristiwa itu juga terjadi karena pengaruh fitohormon, terutama hormon auksin.

Penyebab hormon auksin pada tumbuhan mengakibatkan kecambah terurai, sehingga pertumbuhanya menjadi terhambat, sementara jika pertumbuhan kecambah tidak terkena cahaya matahari maka kecambah akan tumbuh secara cepat akan tetapi daunnya berwarna kuning pucat.

Pertumbuhan di tempat yang terang seperti terpapar cahaya matahari , pertumbuhan kecambah relatif lebih cepat karena , asupan nutrisi dari cahaya matahari mempercepat pertumbuhan kecambah . sedangkan di tempat gelap tumbuhnya lebih lambat , karena kurang cahaya.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Landasan Teori Kacang Hijau. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *