Teknik Putar dalam Pembuatan Kerajinan

Teknik Putar

Teknik putar – Banyak menjadi persoalan bagi sebagian orang mengenai bagaimana teknik pembuatan keramik yang baik untuk menghasilkan kerajinan yang menarik dan memiliki daya tahan yang kuat?

Ada banyak jenis keramik dan kerajinan dari tanah liat yang digunakan dalam kehidupan. Mempunyai bentuk yang unik membuat banyak orang tertarik untuk mempelajari teknik pembuatan gerabah dari tanah liat salah satunya teknik putar.

Umumnya proses pembuatan dan pengolahan tanah liat menjadi gerabah atau keramik menggunakan teknik ini. Teknik ini biasa digunakan untuk membuat berbagai jenis kerajinan agar terlihat menarik dan mempunyai daya tahan yang bagus.

teknik ini termasuk teknik yang paling sulit dilakukan. Kita harus menguasai dan bisa mengkoordinasikan tangan dengan baik saat proses pemutaran bahan. Bagaimana proses teknik putar dalam proses pembuatan gerabah?

Agar tidak penasaran yuk simak informasi mengenai cara atau teknik pembuatan keramik menggunakan teknik putar di bawah ini.

Teknik Putar Biasa Digunakan Untuk Membuat Kerajinan

Teknik Putar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, teknik ini termasuk teknik yang paling sulit dibanding teknik lainnya. Hal ini disebabkan karena alat yang akan digunakan harus dikuasai dan bisa dikoordinasikan dengan tangan secara baik.

Sebelum memulai pengerjaan gerabah dengan teknik putar, tanah liat harus dipadatkan dahulu. Proses pemadatan tanah liat dapat dilakukan dengan meremas dan menekan berulang kali agar tidak ada udara dalam tanah.

Teknik ini memanfaatkan subak pelarik atau alat putar. Caranya ambil segumpal tanah liat lalu letakan diatas meja putar. Selama tanah liat diputar, tanah liat harus ditekan dan dibentuk hingga didapatkan bentuk yang diinginkan.

Pada saat memutar kamu bisa menekan, menarik sampai didapatkan bentuk sesuai keinginan. Kamu juga bisa menghias tanah liat agar terlihat lebih menarik. Setelah tanah liat terbentuk sesuai keinginan bakar tanah liat dalam tungku.

Nah itulah tentang teknik putar yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan dan penjelasannya… Terima kasih sudah membaca artikel kami. semoga bermanfaat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *