Manusia Purba Sangiran

Manusia Purba Sangiran

Manusia purba sangiran merupakan salah satu situs manusia purba yang ada di Indonesia. Nama situs sangiran ini mulai dikenal sejak seorang peneliti belanda bernama Von Koenigswald yang melakukan penelitian pada tahun 1934.

Sejumlah keberagaman dari homo dikelompokkan  menjadi kategori yang lebih luas yaitu manusia purba berlawanan dengan manusia modern.

Manusia purba atau yang dikenal dengan manusia prasejarah merupakan manusia yang hidup dizaman sebelum mengela tulisan. Manusia prsejarah ini diyakini hidup sejak 4 tahun yang lalu.

Salah satu ciri manusia yang hidup pada zaman purba yaitu mempunyai volume otak yang lebih besar dibanding manusia modern pada saat ini.

Manusia purba sangiran merupakan sebuah situs terpenting untuk perkembangan di berbagai bidang ilmu pengetahuan terutama untuk penelitian di bidang antropologi, arkeologi, biologi, paleoantropologi, geologi dan juga wisdata.

Kemudian sangiran dilewati oleh sungai yang sangat indah, yaitu Kali Cemoro yang bermuara di Bengawan Solo. Daerah inilah yang mengalami erosi tanah, sehingga lapisan tanah yang terbentuk tampak jelas berbeda antara lapisan tanah yang satu dengan lapisan tanah yang lain.

Dalam lapisan-lapisan tanah inilah yang hingga sekarang banyak ditemukan fosil-fosil manusia maupun binatang purba.

Kemudian museum sangiran  merupakan aset wisata paling penting bagi Kabupaten Sragen. Selain fosil, kita juga bisa melihat perlengkapan berburu seperti kapak batu yang dulu digunakan oleh manusia purba untuk bertahan hidup.

Buku-buku tua juga akan kamu temukan di museum ini. Lokasi museum sendiri berada di kawasan Situs Sangiran yang dipercaya sebagai salah satu pusat kehidupan manusia purba di jaman pra-sejarah.

Bagi anda yang ingin mencari destinasi wisata yang menghibur sekaligus mendidik, sekali waktu bolehlah berkunjung ke Museum Manusia Purba Sangiran.

sangiran sendiri adalah sebuah kawasan cagar budaya yang terkenal dengan museum prasejarah.

Di sana anda bisa melihat berbagai benda peninggalan zaman prasejarah. Mulai, dari fosil, benda zaman prasejarah, ilustrasi manusia purba,  hingga pemutaran film terbentuknya peradaban di Bumi.

#1. Manusia Purba Sangiran Ditemukan Di Daerah

manusia purba  ditemukan di daerah Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar. Anda bisa cek situs tentang manusia purba sangiran ini tentunya. Dengan menggunakan link ini and abisa cek langsung tentang manusia purba sangiran yaitu https://ditsmp.kemdikbud.go.id/menelisik-situs-purbakala-sangiran-warisan-budaya-dunia-di-tanah-nusantara/#:~:text=Situs%20Sangiran%20adalah%20salah%20satu,luas%2059%2C21%20kilometer%20persegi..

#2. Manusia Purba Sangiran Situs

Untuk anda yang ingin mengenal manusia purba situs ini silahkan gunakan link berikut ini yaitu https://www.merdeka.com/jateng/mengunjungi-sangiran-situs-manusia-purba-yang-jadi-warisan-dunia.html. Atau anda bisa menggunakan link sebelumnya untuk mengetahui tentang manusia purba sangiran.

Nah demikianlah artikel ini tentang manusia purba sangiran, semoga artikel ini dapat membantu anda dan saya ucapkan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *