Madrasah Aliyah (Negeri dan Swasta)

Madrasah Aliyah

Madrasah aliyah merupakan jenjang pendidikan menengah pada masa formal di Indonesia, kemudian setara dengan menengah atas atau yang dikenal dengan SMA.

Madrasah aliyah yang disingkat dengan MA yang mana merupakan jenjang pendidikan menengah pada pendidikan resmi di Indonesia atau setara dengan sekolah menengah atas alias SMA.

Untuk pengelolaan yang dilakukan oleh Kementerian Agama pendidikan madrasah aliyah ditempuh dalam saat 3 tahun yakni mulai dari kelas 10 hingga kelas 12 tentunya.

Dan pada  tahun kedua (kelas 11) ini siswa MA memilih salah satu dari 4 jurusan, yaitu Ilmu Alam, Ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Keagamaan Islam, dan Bahasa.

Nah pada akhir tahun ketiga (kelas 12) ini siswa diwajibkan mengikuti Ujian Nasional. Sebagaimana SMA, MA terbagi dua yaitu, MA umum yang sering dinamakan MA dan MA kejuruan.

Kemudian untuk kurikulum MA ini sama dengan kurikulum sekolah menengah atas, akan tetapi hanya saja pada MA terdapat porsi lebih banyak mengenai pendiidkan agama islam tentunya.

Selanjutnya pelajar MA ini umurnya berusia 16 hingga 18 tahun tentunya. Selanjutnya untuk kepemilikan MA ini dipegang oleh dua badan yaitu swasta dan juga pemerintah atau madrasah aliyah negeri tentunya.

Info Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta

#1. MA Negeri Surabaya

Kota Surabaya Prov. Jawa Timur Mempunyai beberapa MA Recommended menurut Kemendikbud, Kota Surabaya memiliki 17 Madrasahaliyah (MA) yang telah terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nah untuk anda yang ingin melakukan pencarian MA negeri Surabaya, anda bisa mengunjungi link yang telah saya sediakan yaitu https://datasekolah.net/list-madrasah-aliyah-ma-terfavorite-di-kota-surabaya/.

#2. MA Swasta 

Nah untuk anda yang sedang mencari sekolah madrasah aliyah swasta terbaik tentu bisa sekali. Disini saya sudah menyediakan link untuk mencari pencarian MAS yaitu https://kampus.republika.co.id/posts/63031/30-madrasah-aliyah-terbaik-di-indonesia-salah-satunya-sekolah-ranking-1-nasional.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *