Ilmu Komunikasi Unpad, Jurusan Terbaik FIKOM

Ilmu Komunikasi Unpad,

Ilmu Komunikasi Unpad Jurusan Terbaik FIKOM – Ilmu komunikasi merupakan salah satu jurusan terbaik yang dimiliki universitas Padjajaran.

Ilmu Komunikasi Unpad Fakultas Apa?

Ilmu komunikasi yang ada di universitas Padjajaran ini terdapat pada fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran atau yang biasa dikenal dengan istilah FIKOM UNPAD.

Perlu kita ketahui bersama bahwa fakultas ini didirikan sejak 18 September 1960. Pada awalnya fakultas ini diberikan nama Fakultas Djurnalistik dan Publistik. Fakultas ini dirintis oleh sejumlah pengamat media massa yang ada di Bandung.

Perlu diketahui juga bahwa pada tahun 1965 berubah menjadi Institut Publisistik, namun tidak lama, namanya pada tahun itu juga menjadi Fakultas Publisistik, dan sejak tahun 1982 menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi.

“Lahirnya Fakultas Djurnalistik dan Publisistik (FDP) pada tahun 1960 merupakan buah dari kebutuhan masyarakat terhadap ketersediaan tenaga ahli publistik, sejalan dengan perkembangan yang ada setelah Republik Indonesia merayakan kemerdekaan secara de jure.

Masyarakat Indonesia mengharapkan hadirnya ahli-ahli publistik berpendidikan tinggi untuk turut mengawal pembangunan negara”

Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad yang lahir pada 18 September 1960 merupakan Fakultas Ilmu Komunikasi pertama di Indonesia.

Selama lima puluh tahun, Fikom Unpad telah membuktikan dirinya sebagai penyelenggara pendidikan dan penelitian di bidang  ilmu komunikasi.

Rentetan penghargaan berhasil diraih fakultas ini, dan pengakuan yang terakhir didapatkan yaitu penghargaan sebagai “The Best Universities School of Communications” dari Majalah MIX Marketing (SWA Media Group).

Program Studi yang ada di fakultas ini adalah : 

  1. D-IV Manajemen Produksi Media
  2. (S-1) Ilmu Komunikasi
  3. (S-1) Perpustakaan dan Sains Informasi
  4. (S-1) Hubungan Masyarakat
  5. (S-1) Jurnalistik
  6. (S-1) Manajemen Komunikasi
  7. (S-1) Televisi dan Film
  8. Magister (S-2) Ilmu Komunikasi
  9. Doktor (S-3) Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi Unpad

Program Studi Ilmu Komunikasi Kampus Pangandaran (PSDKU) Universitas Padjadjaran telah mendapatkan akreditasi Baik sejak tanggal 24 Agustus 2021 berdasarkan keputusan Ban-PT No. 10374/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2021. Akreditasi ini berlaku hingga tanggal 24 Agustus 2026.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Ilmu Komunikasi Unpad. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *